Lima ruas jalan tol baru akan fungsional saat Lebaran 2019

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, ruas jalan tol baru

Lima ruas jalan tol baru akan fungsional saat Lebaran 2019

Gerbang tol Pandaan (Dokumentasi Kementerian PUPR)

Dari data Litbang Kementerian Perhubungan kami memperkirakan sekitar 40 persen menggunakan jalan tol atau sekitar 3,376 juta orang selama periode Lebaran 2019
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) direncanakan bakal membuka sebanyak lima ruas jalan tol sebagai jalur fungsional baru untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019.

"Kementerian PUPR berupaya seoptimal mungkin, agar mudik Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun – tahun sebelumnya dari sisi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Proyek terhenti, Trase Tol Padangpariaman-Pekanbaru tidak bisa digeser

Kelima ruas tol fungsional tersebut adalah tol Pandaan – Malang seksi I-III sepanjang 30,6 Kilometer (Km), tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189,20 Km), Medan – Binjai Seksi I Segmen Helvetia – Jalan Veteran (2,8 Km), tol Manado – Bitung (Ss. Sukur – Ss. Kauditan) sepanjang 18 Km, tol Balikpapan – Samarinda seksi I – III (70,5 Km). Total panjang tol fungsional adalah 311,1 kilometer.

Tol fungsional rencananya akan dibuka mulai H-10 hingga H+10 Lebaran yang ditandai dengan penghentian semua pekerjaan konstruksi yang tengah berjalan.

Pemerintah juga mengoptimalkan seluruh infrastruktur jalan tol yang telah beroperasi untuk arus mudik tahun ini, seperti Tol Trans Jawa mulai dari Merak hingga Probolinggo yang telah tersambung sepanjang 964 Km.

Penggunaan jalur darat pada Lebaran tahun ini diperkirakan akan meningkat dari tahun sebelumnya seiring dengan minat masyarakat yang besar untuk mencoba jalur – jalur baru tol, sekaligus untuk berekreasi ke destinasi wisata yang dilalui.

Diperkirakan sekitar 8,44 juta kendaraan yang terdiri dari 3,76 juta kendaraan pribadi dan 4,68 juta bus akan melintas saat mudik Lebaran 2019.

"Dari data Litbang Kementerian Perhubungan kami memperkirakan sekitar 40 persen menggunakan jalan tol atau sekitar 3,376 juta orang selama periode Lebaran 2019," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit.

Dengan kata lain, diperkirakan sebanyak 640 ribu kendaraan menggunakan jalan tol saat arus mudik dan 750 ribu kendaraan pada arus balik.

Baca juga: Jokowi: Kalimantan akan Punya Jalan Tol untuk Pertama Kalinya

Baca juga: Inilah Konstruksi Tol Pekanbaru-Dumai yang Biayanya Rp90 Miliar per Kilometer


Pewarta: Aji Cakti