Peringati Isra' Mi'raj, Remaja Masjid Al-Ikhsan Bagansiapiapi gelar berbagai perlombaan

id Isra' Mi'raj,berita rohil

Peringati Isra' Mi'raj, Remaja Masjid Al-Ikhsan Bagansiapiapi gelar berbagai perlombaan

Ketua Umum Pengurus Masjid Raya Al-Ikhsan Bagansiapiapi, Surya Arfan dan Remaja Masjid foto bersama para Santri/Santriwati TPQ Masjid Raya Al-Ikhsan pada Selasa (2/4/2019) malam. (Antaranews/ Dedi Dahmudi)

Rokan Hilir, Riau (ANTARA) - Memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1440 H, Remaja Masjid Raya Al-Ikhsan Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir, Riau, menggelar lombaazan, menghafal ayat pendek dan sholat subuh berjamaah bagi santri/santriwati Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Masjid Al-Ikhsan, Selasa (2/4) malam.

"Saya selaku Ketua Umum Pengurus Masjid Al-Ikhsan Bagansiapiapi merasa bangga dan berbahagia menyaksikan penampilan para santri/santriwati kita," ujar Surya Arfan.

Surya Arfan, yang juga Sekretaris Daerah Rokan Hilir itu mengapresiasi para santri/santriwati yang telah mengikuti perlombaan tersebut. Menurutnya, meskipun waktu mereka untuk dilatih dan diajarkan hanya sebentar antara sholat Maghrib dan Isya dalam program Magrib mengaji, tapi hasilnya sangat memuaskan.

"Tidak kalah dengan santri/santriwati yang dididik di pondok-pondok pesantren," kata Surya.

Ia mengatakan melalui TPQ Al-Ikhsan Bagansiapiapi sudah ada yang hafidz 1 juz dan melanjutkan pendidikan ke pondok pesantren.

Surya juga menyebutkan bahwa pihaknya dalam mengasuh para santri/santriwati tidak hanya sekedar membekali mereka dengan ilmu agama, baca Al-qur'an, sholat, azan dan lain-lain. Tapi yang lebih penting, setiap hari jika mereka berada di Masjid maka mereka akan terbiasa mencintai Masjid sejak usia dini.

"Jika sudah melekat dalam jiwa mereka merasa nyaman di Masjid, Insya Allah sampai kapan dan di manapun mereka akan terus mencari Masjid untuk sholat berjamaah dan memakmurkan Masjid. Karena tidak semua umat Islam yang cinta Masjid malah tidak jarang merasa resah dan asing ketika berada di Masjid, karena tidak dibiasakan sejak usia dini," ujar Surya.

Oleh karena itu, ia mengajak dan mengimbau para orangtua yang anaknya masih usia 5-12 tahun untuk dititipkan di TPQ Masjid Raya Al-Ikhsan tanpa dipungut biaya.

"Dan tentunya kita berharap uluran tangan semua umat Islam yang berjamaah di Masjid Raya Al-Ikhsan untuk berinfaq dan bersedekah sekedar memberi imbalan bagi tenaga-tenaga pengasuh di TPQ tersebut," tuturnya.

Selain itu juga dalam acara pelatihan Pemandu Wisata Muslim, dan pelatihan Manajemen Remaja Masjid, sekaligus telah dicanangkan Masjid Besar Al-Ikhsan dan Masjid Jami' Al-Khairiyah sebagai Gerakan Nasional Masjid Ramah Anak oleh Bupati Rokan Hilir dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Riau, menurutnya konsep ini sejalan dengan program yang dilaksanakan di Masjid Al-Ikhsan Bagansiapiapi.

"Konsep ini sejalan dengan program yang telah kami laksanakan bahwa kami menciptakan suasana anak-anak akan nyaman berada di Masjid ini," demikian Surya Arfan.