Waktu tunggu keberangkatan haji di Siak 19 tahun

id Haji. Siak. Riau.,keberangkatan haji 2019,antrian berangkat haji 2019,berita riau siak,berita haji terbaru,berita riau terbaru,berita riau terkini,ber

Waktu tunggu keberangkatan haji di Siak 19 tahun

Kepala Kanwil Kemenag Kabupaten Siak, Muharom (Antaranews/ Bayu AA)

Siak, Riau (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementrian Agama Kabupaten Siak, Provinsi Riau mengungkapkan bahwa waktu tunggu keberangkatan haji daerah setempat saat ini adalah 19 tahun jika mendaftar dari sekarang.

"Waktu tunggu keberangkatan dari sekarang adalah 19 tahun, yang sudah mendaftar tahun ini sudah ada 100 lebih. Padahal baru bulan ketiga tahun ini," kata Kepala Kanwil Kemenag Siak, Muharom di Siak, Kamis.

Dia mengatakan untuk pendaftaran tahun ini biayanya adalah Rp32.306.450,- dengan setoran awal Rp25 juta. Pembayaran sisanya adalah pelunasan tahap II yang dilakukan jauh sebelum atau menjelang keberangkatan.

Baca juga: Kapasitas tampung Embarkasi Haji Antara Riau 450 calhaj

Untuk mendaftar, lanjutnya melalui pelayananhaji terpadu satu atap yang akan langsung terkoneksi dengan sistem komputerisasi haji terpadu (siskohat). Di Siak ini untuk pembayaran bekerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri Syariah.

"Setoran awal ketika langsung dibayar maka akan mendapat nomor porsi setelah memenuhi syarat. Dalam satu hari bisa langsung kelar," ungkapnya.

Dikatakannya dari waktu saat ini jumlah calon jamaah yang menunggu keberangkatan adalah sebanyak 4.000 orang. Untuk keberangkatan tahun ini sudah sebanyak 258 orang yang sudah melakukan pelunasan biaya haji tahap II yang merupakan pendaftar tahun 2012. "Iya dulu masih tidak terlalu lama masa tunggunya, sekarang sudah 19 tahun," tambahnya.

Baca juga: Riau Rekrut Petugas Penyelenggara Ibadah Haji

Dia menambahkan bahwa untuk keberangkatan tahun ini masih menggunakan Embarkasi Batam. Untuk Embarkasi Haji Antara Riau sampai saat ini belum juga mendapatkan surat keputusan dari kemenag karena persiapannya harus benar-benar matang.

"Kalau bisa embarkasi haji antara yang dari kabupaten/kota bisa menuju Asrama Haji yang di Pekanbaru. Lalu dari Bandara Pekanbaru ke Bandara Batam langsung ke tanah suci, tidak menginap di Batam," tambahnya.

Baca juga: Jentik nyamuk di gedung Embarkasi Haji Antara Riau