Pemkab Siak Riau lepas 300 calon haji, berangkat ke Batam hari ini

id Jamaah calon haji, JCH haji Siak, pelepasan jamaah haji

Pemkab Siak Riau lepas 300 calon haji, berangkat ke Batam hari ini

Bupati Siak, Alfedri menyalami satu per satu jamaah calon haji yang akan berangkat ke tanah suci Makkah. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, Provinsi Riau, melepaskan 300 Calon Jamaah Haji (CJH) yang akan berangkat dari kecamatan masing-masing, lalu berkumpul di Pelabuhan Buton dan menggunakan kapal feri menuju Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Jumat.

Bupati SiakAlfedri sudah melepas mereka di Masjid Sultan Syarif Hasyim, Komplek Islamic Center, Kampung Rempak, Kota Siak Sri Indrapura, Selasa. Dia mendoakanseluruh CJH dapat menjalankan seluruh rangkaian rukun haji dengan sempurna sehingga menjadi haji yang mabrur.

"Kami mendoakan seluruh jamaah dapat melaksanakan seluruh rukun haji dengan sempurna dan penuh khusyuk, sehingga pulang ke Tanah Air bergelar haji yang mabrur dan mabrurah," katanya.

Musim haji tahun ini, lanjutnya, kuota calon haji untuk Kabupaten Siak meningkat dibanding tahun lalu menjadi 300 orang, terdiri dari 146 laki-dan dan 154 perempuan, dengan terbanyak berusia 51-60 tahun berjumlah 149 orang.

Kemudian untuk usia 81-90 tahun pada keberangkatan ini berjumlah 11 orang. Sementara usia termuda calon haji dengan rentang umur 12-20 tahun ada satu orang, bernama Muhammad Fathlan Farizqy Bin Fauzan Nurdin asal Kecamatan Tualang.

Berdasarkan aplikasi Kementerian Agama (Kemenag) RI, masa tunggu berhaji mencapai 27 tahun, mengingat kuota masing-masing kabupaten/kota dan provinsi sudah ditetapkan.

“Saya ingatkanbagi berpenghasilan yang memadai dan masih mudaada keinginan menunaikan rukun Islam, silahkan daftar dari sekarang, kalau daftar usia 20, di usia 47 bisa berangkat, namun terkadang jika Allah berkehendak, ada saja jalannya,” ucap Alfedri.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Siak Erizon Efendi menyampaikan CJH berjumlah 300 orang ditambah dua orang petugas pendamping. Nanti setibanya di Batam seluruh CJH Siak tergabung dalam kloter 7.

"JCH menginap satu malam di Asrama Haji Embarkasi Batam. Kemudian pada Sabtu, sekitar jam 18.00 WIB, tamu Allah inikita berangkatkan menuju Jeddah, Arab Saudi,” ucapnya. (Infotorial)