Pelipatan Kertas Suara Pemilu di Inhil diawasi ketat

id Pelipatan kertas suara, Inhil, KPU Inhil, Pemilu 2019,surat suara 2019,contoh surat suara,gambar surat suara,surat suara pemilu 2019,surat suara pilpr

Pelipatan Kertas Suara Pemilu di Inhil diawasi ketat

Suasana proses pelipatan kertas suara Pemilu 2019 di Gedung Venue Futsal Tembilahan

Tembilahan (ANTARA) - Proses pelipatan dan sortir kertas suara untuk Pemilu 2019 di Kabupaten Indragiri Hilir, diawasi dengan ketat oleh sejumlah petugas mulai dari KPU, Bawaslu dan pihak kepolisian setempat.

"Hari ini proses pelipatan kertas suara masih berlangsung dengan pengawasan langsung dari pihak KPU sekitar tujuh sampai sepuluh orang, Bawaslu dan pihak kepolisian," ucap Kasubag Logistik dan Data KPU Inhil, Afriadhi Mahyoe di Tembilahan, Kamis.

Afriadhi Mahyoe mengatakan, pengawasan oleh pihak KPU maupun Bawaslu dilakukan dengan cara bergantian, sampai dengan jadwal pelipatan selesai.

"Pengawasan dilakukan bergantian, siang dan malam hari. Karena kan pelipatan kita lakukan sampai malam hari. Yang jelas istirahat total pukul 18.15 WIB sore dan disambung pukul 20.00 WIB," tuturnya.

Baca juga: 68.000 Surat suara pemilu di Inhu rusak akibat salah cetak

dikatakan dia, proses pelipatan kertas suara yang saat ini sedang berlangsung di gudang KPU Inhil yakni di gedung venue futsal Tembilahan dimulai setiap pukul 08.00 WIB. Dia memperkirakan proses pelipatan akan selesai dalam waktu dua hari ini.

"Memasuki hari ke tiga kemarin, pelipatan kertas suara untuk pemilihan Presiden, DPR RI, DPD, sudah selesai. Sekarang sedang berlangsung pelipatan untuk DPR Provinsi dan Kabupaten Kota," jelasnya.

Sebelumnya kata dia, kertas suara Pemilu 2019 sudah sampai di gudang penyimpanan KPU Inhil, pada Sabtu (16/3) lalu. Proses pelipatan kertas suara itu sendiri mulai dilakukan pada Minggu (17/3).

KPU Inhil menerima 950 kotak kertas suara,tiap kotak berisi sekitar 500 lembar kertas suara untuk pemilihan DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Sedangkan pemilihan Presiden berisi sekitar 2000 kertas suara per kotak.

Baca juga: KPU Dumai Rampungkan Pelipatan 928.302 Surat Suara Pemilu

Afriadhi menambahkan, proses pelipatan dan sortir dilakukan oleh sekitar 400 petugas yang merupakan masyarakat sekitar.

"Seluruh pekerja adalah masyarakat, jadi seluruh petugas pelipatan dan penyortiran murni swakelola masyarakat setempat," ucapnya.

Sebelumnya lanjut, Afriadhi, KPU hanya menetapkan sekitar 300 petugas, namun melihat kondisi kertas suara yang diterima, penambahan petugas dilakukan menjadi 400 petugas.

Sedangkan untuk perhitungan total kertas suara rusak belum dapat dilihat karena perhitungan dilakukan setelah proses pelipatan selesai.

"Nantikan setelah selesai dilipat disortir lagi, setelah itu barulah bisa kita lihat berapa jumlah rusaknya," tambah Afriadhi.

Baca juga: Bawaslu Dumai sudah temukan 14.742 surat suara Pemilu 2019 rusak