KPU Dumai Rampungkan Pelipatan 928.302 Surat Suara Pemilu

id kpu dumai,kpu update,surat suara,surat suara pemilu 2019,surat suara pilpres 2019,pemilu 2019,pilpres 2019,berita hari ini,berita riau terkini,berita

KPU Dumai Rampungkan Pelipatan 928.302 Surat Suara Pemilu

Arsip foto. Seorang warga memasukkan contoh surat suara ke dalam kotak suara setelah menggunakan hak pilihnya pada simulasi penyelenggaraan Pemilu di Mapolres Dumai di Dumai, Riau, Kamis (14/2/2019). Otoritas keamanan dan KPU di Riau menggelar simulasi penyelenggaraan Pemilu di setiap daerah yang melibatkan panitia pemilihan di kecamatan, kelurahan dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)

Dumai (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai mengklaim telah merampungkan pelipatan kertas suara Pemilu 2019 sebanyak 928.302 lembar, dan mengusulkan penggantian 19.497 lembar surat suara rusak hasil pemiliahan kepada KPU Pusat.

Ketua KPU Dumai Darwis mengatakan, proses pelipatan kertas suara lebih cepat selesai dari target awal dilaksanakan selama sepuluh hari, dimulai sejak 12 Maret 2019 oleh 150 orang petugas.

"Kita tercepat di provinsi riau menyelesaikan pelipatan kertas suara karena hanya delapan hari dari target semula sepuluh hari, dan surat suara rusak kita usulkan penggantian," kata Darwis pada pers, Selasa.

Baca juga: Bawaslu Dumai sudah temukan 14.742 surat suara Pemilu 2019 rusak

Dijelaskan, surat suara rusak dan yang tidak layak pakai sebagian besar kertas untuk pemilihan calon presiden dan wakil presiden ini diusulkan diganti, dan tidak mengambil dari kertas suara cadangan.

Setelah pelipatan ini, KPU selanjutnya masuki tahap mengisi kebutuhan logistik tiap kotak suara sebelum didistribusikan ke 841 tempat pemunguan suara tersebar di 7 kecamatan 33 kelurahan.

"Kertas suara rusak nanti nya akan dimusnahkan, dan tahap selanjutnya kita akan mengisi kotak suara dengan semua logistik diperlukan sebelum disalurkan ke panitia kecamatan dan kelurahan," sebut nya.

Baca juga: 150 Warga ikut bantu lipat surat suara Pemilu di Siak

KPU Dumai, lanjutnya, hingga kini masih menunggu pendistribusian logistik pemilihan umum berupa formulir berbagai jenis yang dijadwalkan pada akhir Maret 2019 ini.

Terkait anggaran diterima KPU Dumai untuk pelaksanaan Pemilu serentak 2019 ini, Darwis mengaku lupa besaran dana diterima, termasuk serapan angka yang sudah terpakai selama tahapan berlangsung.

Sementara, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Dumai Zulfan menyatakan, jelang pelaksanaan pemillu 29 hari lagi, berbagai tahapan sudah berjalan sejauh ini tidak ada kendala dan pengawasan terus dilakukan agar harapan pemilu lancar.

"Sejauh ini pelaksanaan tahapan pemilu sudah berjalan baik dan kita akan terus mengawasi, diharap semua nya bisa terlaksana lancar," kata Zulfan.

Diketahui, KPU telah menerima distribusi 928.302 lembar surat suara dikemas dalam 1.583 kotak dan 4.200 kotak suara berbahan karton, logistik lain sudah diterima bantalan, tinta dan bilik suara.

Pemilu 2019 di Kota Dumai dilaksanakan di 841 TPS tersebar di 33 kelurahan dan tujuh kecamatan dengan pemilih tetap 181.093 jiwa.

Baca juga: KPU Inhil siapkan 300 petugas pelipat kertas suara

Baca juga: KPU Rokan Hilir terima surat suara Pemilu 2019