Pembangunan Akses Jalan Di Kuansing Sangat Mendesak

id pembangunan akses, jalan di, kuansing sangat mendesak

Taluk Kuantan, 1/9 (ANTARA) - Pembangunan akses jalan baik antar desa maupun kecamatan di Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, sangat mendesak dilakukan agar masyarakat di daerah itu tidak lagi terisolasi.

Camat Kuantan Hulu, Akhyan Armofis saat ditemui di Lubuk Ambacang, Rabu, mengatakan daerahnya memerlukan perhatian yang sangat besar untuk pembangunan infrastruktur berupa akses jalan dan jembatan.

"Selain itu, di kecamatan kami ini tidak ada gedung serba guna padahal tanah untuk pembangunan gedung telah tersedia," kata Akhyan.

Ia mengatakan, gedung SD di daerahnya juga masih kurang seperti di Desa Lubuk Ambacang. Warga desa tersebut telah membeli tanah untuk pembangunan gedung lengkap SD 001 Lubuk Ambacang. Gedung SD yang ada saat ini sudah tidak mampu lagi menampung siswa dan dinilai kurang lengkap.

Ia mengakui, saat ini ada bantuan dari pemerintah kabupaten untuk membangun beberapa proyek seperti pemeliharaan jalan Desa Serosa sampai Mudik Ulo, peningkatan jalan Desa Mudik Ulo sampai Lubuk Ambacang, pembangunan rumah layak huni Desa Serosa dan Tanjung serta pembangunan Kantor Desa Koto Kombu.

Namun, lanjut dia, pembangunan tersebut masih sangat terbatas dan belum menyebar ke seluruh kecamatan di Hulu Kuantan.

"Kmai juga berupaya melakukan pendekatan baik ke pemerintah kabupaten, provinsi ataupun ke pusat agar daerah kami tidak lagi terisolir," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kuantan Singingi Mursini, mengatakan pemerintahannya berupaya agar pembangunan di daerah itu merata sampai ke seluruh desa-desa yang ada di Kuantan Singingi, karena itu sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk membangun daerahnya.

"Dalam pelaksanaannya perlu disesuaikan dengan aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Aturan ini tidak hanya mengikat pemerintah daerah tetapi juga pelaksana kegiatan agar jangan sampai terjerat masalah hukum di kemudian hari," ujar Mursini.