Menteri Rini Tes Tol Sumatera dengan Ngebut 160 km/jam

id tol, lampung, rini

Menteri Rini Tes Tol Sumatera dengan Ngebut 160 km/jam

Pembangunan Tol Trans Sumatera (Antara)

Tulang Bawang (Antaranews Riau) - Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan uji jalan tol Sumatera jalur Terbanggi Besar-Pematang Panggang dengan berkendara dengan kecepatan 160 km/jam, Kamis.

Berdasarkan pantauan Antara di lokasi, Tulang Bawang, sekitar 20 mobil rombongan beriringan dengan kecepatan tinggi sekitar 160 km/jam.

Sebagian dari mobil tersebut berjenis empat gerak roda (4 WD) dan minibus. Dalam uji tersebut disebutkan jalan sudah halus tidak ada getaran berarti meski dalam kecepatan tinggi.

Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan bahwa Tol Trans Sumatera ruas Lampung - Sumatra Selatan bisa beroperasI fungsional pada akhir Maret 2019.

"Saya mau bisa selesai pada akhir Maret 2019. Walaupun hanya fungsional, tetapi sudah bisa digunakan," kata Rini M Soemarno saat meninjau ruas tol ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang di Tulang Bawang.

Menurutnya, pembangunan jalur Tol Trans-Sumatera harus bisa selesai pada akhir Maret 2019. Walaupun tidak bisa digunakan secara utuh, tetapi sudah bisa dilalui secara fungsional.

Ia menyebutkan kendala penyelesaian pembangunan ruas tol itu adalah "fly over'' atau jembatan penyeberangan bagi warga sekitar. "Yang paling sulit itu membangun fly over atau jembatan penyeberangan orang," katanya.

Rini meminta seluruh BUMN yang mengerjakan pekerjaan ruas tol Bakauheni - Pematang Panggang-Kayu Agung harus mempercepat pengerjaannya, bahkan kalau perlu harus lembur.

"Yang pasti harus bisa selesai pada akhir Maret, minimal sudah tersambung antara titik akhir Lampung dan titik akhir Sumatera Selatan," katanya.

Panjang jalan tol ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang sekitar 100 km dan Pematang Panggang - Kayu Agung sekitar 85 km.