Tindaklanjut Pemkab Siak Atas Temuan BPK Capai 45 Persen

id Pemkab Siak,BPK

Tindaklanjut Pemkab Siak Atas Temuan BPK Capai 45 Persen

Kunjungan BPK ke Kabupaten Siak (Antarariau/Bayu AA/19)



Siak (Antaranews Riau) - Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Riau mengungkapkan bahwa hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Siak baru melakukan tindaklanjut atas temuan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018 dengan progres sekitar 45 persen.

"Progres tindaklanjut terakhir 45 persen, standarnya tidak ada tapi kita harapkan lebih dari itu. Sekitar 60-70 persen," kata Ketua Tim BPK RI Perwakilan Riau untuk memeriksa Pemkab Siak, Irawati di Siak, Rabu.

Hal tersebut dikatakannya dalam rangka kunjungannya yang akan melakukan pemeriksaan interim atau pendahuluan terhadap LKPD Siak 2018. Pihaknya selain itu juga memantau kembali progres terkait rekomendasi yang telah diberikan oleh BPK terutama terkait pemeriksaan keuangan.

Menurutnya memang rata-rata progres kabupaten/kota di Riau yang menindaklanjuti temuan masih di bawah 50 persen. Hanya satu kata dia yang di atas 70 persen yakni Kabupaten Kepulauan Meranti.

Baca juga: Pemkab Siak rembuk tata kelola TORA di Tanah Gambut

"Kita mendorong agar pemerintah daerah bisa meningkatkan lagi," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Tengku Said Hamzah mengatakan hal ini tentu menjadi catatan. Pasalnya ini akan berpengaruh juga pada perolehan wajar tanpa pengecualian Pemkab Siak yang sudah tujuh kali diraih.

"Tindaklanjut ini untuk segera diselesaikan karena berpengaruh. Kita sudah diakusi juga dengan Asdatun Kejati Riau agar pemeriksaan BPK ini ditindaklanjuti," ungkapnya.

Di sisi lain, Kepala Inspektorat Pemkab Siak, Fali Wurendarasto mengklaim bahwa di Siak sebenarnya nomor satu di Riau kalau ditotal dua semester 2018. Yang 45 persen itu menurutnya hanya tindaklanjut untuk temuan semester II 2018.

"Kalau ditotal semua bisa 80 persen, 45 persen itu hanya untuk progres semester kedua. Kalau total keseluruhan Siak teratas," sebutnya.

Baca juga: Pemkab Siak Asuransikan Peserta dan Panitia "Serindit Boat Race"

Baca juga: Pemkab Siak Gandeng RAPP Restorasi Istana Peraduan