Mengintip persiapan Capres Jokowi-Ma'aruf untuk Debat Putaran 1

id debat capres 2019,pilpres 2019,jokowi,jokowi ma'aruf

Mengintip persiapan Capres Jokowi-Ma'aruf untuk Debat Putaran 1

Capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin. (Foto: Dok TKN Jokowi-Ma'ruf)

Pekanbaru (Antaranews Riau) - Setiap detil dan perilaku pasangan calon presiden akan menjadi pusat perhatian publik jelang Pemilihan Presiden 2019. Begitu juga menjelang Debat Pilpres Putaran 1 yang akan berlangsung di Jakarta, Kamis malam nanti (17/1).

Setidaknya ada tiga hal yang dirangkum Antaranews terkait persiapan Capres Joko Widodo (Jokowi) dan Cawapres KH Ma'aruf Amin.

1. Pakaian Rakyat

Pasangan calon presiden-wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin akan menggunakan pakaian rakyat saat tampil pada Debat Capres dan Cawapres yang diselenggarakan KPU.

"Pakaian rakyat itu adalah pakaian yang sederhana dan tidak mengubah penampilan sebagai pemimpin dari rakyat," kata Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan itu, Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Rabu (16/1).

Pemilihan busana bukan tanpa sebab, karena akan mencerminkan karakter rakyat yang bersih dan apa adanya.

Hasto tidak menyebut secara langsung pakaian yang akan dikenakan kedua calon pemimpin saat tampil tetapi pakaian yang biasa dipakai Jokowi adalah kemeja putih lengan panjang atau baju koko warna putih dan bercelana panjang warna gelap. Kiai Haji Ma'ruf Amin juga biasa mengenakan baju koko warna putih, berkain sarung, serta sorban.

"Ya, tentunya ada tempat pertemuan, kemudian berangkat bersama-sama," katanya, tentang teknis keberangkatan mereka.

2. Busana Adat

Presiden Jokowi memposting foto diri dengan menggunakan busana adat Jawa (Solo) model beskap berwarna hitam lengkap dengan blangkon bermotif batik menjelang digelarnya debat capres putaran pertama pada Kamis malam.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbusana Jawa (Solo) (ANTARA News)


Dalam akun Facebook resminya capres petahana ini terlihat foto tersebut diunggah pukul 10.45 WIB dengan latar bendera merah putih. Ia melengkapi postingannya dengan status singkat terkait sifat-sifat hati.

"Selamat siang. Segala sifat keras hati, picik, dan angkara murka hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut, dan sabar," tulisnya.

Postingan tersebut tampak ingin memperlihatkan kesiapannya dalam menghadapi debat capres putaran pertama yang akan digelar dalam beberapa jam ke depan.

Postingan foto itu hanya dalam beberapa menit sudah mengundang "banjir" komentar dan disukai banyak orang untuk disebarkan ulang di jagad maya.

3. Simulasi 2,5 Jam

Malam sebelumnya, Jokowi bersama cawapresnya KH Ma'ruf Amin telah memantapkan persiapan dan evaluasi bersama timnya dalam menghadapi debat capres di Djakarta Theatre Rabu malam (16/1).

Selama 2,5 jam melakukan pertemuan dan simulasi, Jokowi keluar gedung didampingi penasihat hukumnya dan berujar persiapan debat sudah mantul (mantap betul).

arsip foto. Presiden Joko Widodo bersama guru-guru (Antara Foto)


Jokowi sejak awal memang tampak tidak ingin bicara blak-blakan soal persiapannya menghadapi debat. Bahkan termasuk pertanyaan sederhana terkait pemilihan kostum, awalnya ia menjawab akan menggunakan kemeja tenun.

Namun, sebelumnya saat ditanyakan kembali oleh wartawan soal pemilihan kostumnya untuk debat pada malam harinya, Jokowi tidak lagi menjawab dengan detail.

"Ya yang jelas pakai pakaian," jawabnya sambil tertawa.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menghelat debat capres pertama di Pilpres 2019, Kamis malam ini, di Hotel Bidakara, Jakarta demgan mengambil tema hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Debat akan dimulai pukul 20.00 WIB dan digelar selama sekitar 90 menit. Debat akan terdiri dari enam segmen.

Baca juga: Saat ke Siak, Luhut tepis isu Jokowi anti-Islam

Baca juga: Ma'aruf Amin: Sudah Saatnya perang darat, door to door, man to man marking