Vidio viral gelombang tinggi hantam Pantai Wisata Bengkalis ternyata hoax

id bengkalis,gelombang tinggi,pantai wisata selatbaru,hoax

Vidio viral gelombang tinggi hantam Pantai Wisata Bengkalis ternyata hoax

ilustrasi Gerakan Memerangi Hoax (Antara)

Vidio itu merupakan kejadian tahun lalu yang kembali disebar
Pekanbaru, (Antaranews) - Vidio gelombang tinggi menghantam Pantai Wisata Selatbaru di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, viral di media sosial. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, membantah bahwa vidioitu merupakan kejadian yang baru saja terjadi.

"Saya sudah lihat vidionya dan saya klarifikasi itu hoax, tidak benar. Vidio itu merupakan kejadian tahun lalu yang kembali disebar," kata Pelaksana tugas Kepala BPBD Bengkalis, Yuhelmi dihubungi Antara dari Pekanbaru, Sabtu (29/12).

Ia menjelaskan bahwa insiden hantaman gelombang tinggi hingga air laut naik ke daratan dan menggenangi sejumlah Gazebo atau warung dagangan makanan khas olahan laut di pantai tersebut terjadi pada tahun lalu.

Saat itu, katanya memang pernah terjadi gelombang tinggi disertai dengan air pasang atau dalam bahasa lokal disebut dengan pasang keling. Insiden itu biasanya terjadi pada setiap penghujung tahun, namun pada saat itu gelombang diakuinya lebih tinggi dari biasanya sehingga air laut naik ke daratan.



Sementara itu, untuk saat ini situasi perairan di Pantai Selatbaru cukup aman untuk dikunjungi dan dia mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya video tersebut. Selain itu, dia juga mengatakan BPBD Bengkalis telah mengerahkan personel terlatih yang dilengkapi dengan peralatan perahu karet di wilayah itu.

Keberadaan personel khusus yang telah berada di pantai wisata yang selalu ramai dikunjungi saat musim libur tiba itu untuk menjamin keamanan wisatawan. "Kita juga ada tim disana, dan sampai sekarang tidak ada informasi gelombang tinggi," tuturnya.

Daniel, salah seorang warga Bengkalis yang mengunggah vidio itu mengaku mendapat informasi dari rekannya akan insiden gelombang tinggi di Bengkalis. Akibat adanya vidio tersebut, Daniel sempat mengurungkan niat untuk berlibur ke Pantai Wisata Selatbaru.

"Namun setelah adanya klarifikasi dari otoritas terkait saya tetap akan berencana liburan ke sana bersama keluarga," ujarnya.

Pantai Selatbaru Bengkalis dalam satu dekade terakhir menjadi salah satu objek wisata utama masyarkat pesisir Riau. Pantai itu berlokasi di bibir Selat Malaka dengan pasir bersih serta beragam sajian khas hasil laut. Saat musim liburan tiba, ribuan pengunjung memadati lokasi wisata rakyat itu.

Di Pantai Selatbaru juga terdapat kebun binatang yang menambah cantik pesona wisata bahari. Namun sayang, kebun binatang itu tidak terawat dengan baik dan banyak satwa di tempat itu mati sia-sia. Selain itu, di timur pantai Selatbaru terdapat Pelabuhan internasional dengan ruten Bengkalis-Malaka, Malaysia. Setiap hari, sedikitnya dua unit Ferry cepat beroperasi dan mengangkut masyarakat untuk berpergian ke negara tetangga dan sebaliknya.

Baca juga: Dua Sekolah Bengkalis Terima Penghargaan Adiwiyata 2018

Baca juga: PWI Bengkalis Harus Mampu Kreatif Dalam Era Digital