Basarnas Pekanbaru Siaga di Perairan Jelang Natal-Tahun Baru

id Basarnas, Banjir, Perairan

Basarnas Pekanbaru Siaga di Perairan Jelang Natal-Tahun Baru

Basarnas Pekanbaru Siaga di Perairan Jelang Natal-Tahun Baru

Pekanbaru (Antaranews Riau) - Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Kota Pekanbaru menyiagakan puluhan personel yang tersebar di wilayah perairan Provinsi Riau menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

"Hari ini kita mulai aktif untuk Siaga Natal dan Tahun Baru," kata Kepala Basarnas Pekanbaru Gede Darmada di Pekanbaru, Rabu.

Ia menyebutkan sedikitnya 82 personel dengan peralatan lengkap seperti kapal cepat dan peralatan penyelamatan lainnya disiagakan Basarnas Pekanbaru di wilayah pesisir Riau, mulai dari Bengkalis, Dumai hingga Rokan Hilir.

Selain itu, Basarnas Pekanbaru turut menyiagakan personel di pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, yang merupakan pelabuhan utama penghubung ibu kota Provinsi Riau dengan kabupaten kota di pesisir.

"Di Bandara juga demikian. Nantinya seluruh tim kita akan bergabung dengan teman-teman dengan dibentuk Posko Terpadu," tuturnya.

Status siaga selama Natal dan Tahun Baru tersebut, kata Gede, akan berlangsung selama dua pekan mulai dari 18 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

Lebih jauh, dia menjelaskan wilayah yang mendapat perhatian dari Basarnas adalah penyeberangan di Pulau Bengkalis. Wilayah itu setiap musim libur tiba akan mengalami peningkatan arus kendaraan yang dilayani sejumlah kapal Ro-Ro.

Akan tetapi, sejauh ini dia mengatakan arus kendaraan di penyeberangan Bengkalis belum mengalami peningkatan secara masif. Begitu juga di wilayah perairan lainnya.