Pembangunan Waduk Reservoir Siap Dilaksanakan

id pembangunan waduk, reservoir siap dilaksanakan

Pekanbaru,3/8(ANTARA) - Pembangunan waduk reservoir oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru di Jalan Cipta Karya, Tampan, saat ini siap dilaksanakan karena permasalahan lahan sudah hampir rampung.

Ketua RW 01 Kelurahan Tuah Karya, Tampan, Jhon Hendri, di Pekanbaru, Selasa, mengatakan pihaknya sudah selesai melakukan pendataan.

" Pendataan sudah hampir rampung. Hanya saja saat ini tinggal melakukan penetapan harga karena harga tanah yang satu dengan yang lainnya berbeda. Tergantung lokasinya masing-masing," tukas dia.

Asisten I Pemkot Pekanbaru, Dorman Johan, mengatakan permasalahan lahan waduk tersebut sudah selesai. Untuk lahannya, disepakati berkisar Rp65-150 ribu permeter. Tergantung dimana lokasi tanah berada.

" Selain itu juga akan diganti bangunan dan tanaman yang ada di lokasi tersebut," tukas dia.

Sementara itu anggota DPRD Pekanbaru, Komisi IV Abdul Gafar jika pembangunan waduk resapan ini dapat diperkirakan akan terlaksana secepatnya dan diyakinkan hanya tinggal pembangunan.

Abdul Gafar meminta agar pembangunan ini dilakukan sesuai dengan ketentuan.

"Pembangunan sudah dapat dipastikan jika segala macam proses dilakukan, Namun kita berharap pembanguan ini berjalan lancar,karena selain untuk mengantisipasi agar banjir di kawasan tersebut dapat diatasi secepatnya, juga pembangunan ini perlu digesa dan sesuai ketentuan."sebutnya.

Pembangunan waduk resapan ini nantinya akan berfungsi untuk pengendalian banjir yang sering terjadi di kawasan sepanjang Jalan Soebrantas.Sehingga banjir yang sering terjadi di beberapa titik di kawasan tersebut, dapat dikendalikan dengan cara mengalirkan genangan air ke waduk kemudian dialirkan lagi kesungai,sehingga keluhan warga tentang banjir yang kerap terjadi tersebut dapat teratasi.