Polres Inhu Gelar Sosialisasi Sapu Bersih Pungli

id polres inhu, gelar sosialisasi, sapu bersih pungli

Polres Inhu Gelar Sosialisasi Sapu Bersih Pungli

Rengat, Riau (Antarariau.com) - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten lndragiri Hulu, Riau menggelar sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dalam rangka mengurangi dan mencegah tindakan pelanggaran hukum yang dilakukan di daerah ini.

"Kami berharap melalui kegiatan ini dapat meminimalkan pungli di semua lini," kata Kapolres Indragiri Hulu AKBP Dasmin Ginting, di Rengat, Kamis.

Kapolres mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan diikuti sejumlah aparatur sipil negara (ASN) dari organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu. Acara berjalan lancar dan mendapatkan respons positif.

Tim polres akan terus mengawasi proses atau kegiatan yang dilakukan instansi terkait ke depannya, melalui acara yang dilaksanakan di Gedung Dang Punama diharapkan menjadi bahan berharga bagi semua pihak.

"Masyarakat, ASN dan organisasi lain tidak dibenarkan melakukan pungli," ujarnya lagi.

Masyarakat Indragiri Hulu sangat mengapresiasi kegiatan sapu bersih pungutan liar yang bakal dilaksanakan oleh pihak penegak hukum, bahkan bersedia untuk membantu, melaporkan jika terdapat oknum yang melakukan pelanggaran.

"Kami akan mendukung kegiatan itu, namun minta jika ada laporan diproses cepat," kata Frastiya, warga Rengat.

Ia mengatakan, setiap ada laporan ditemukan praktik terindikasi pungutan liar, diminta penegak hukum untuk memproses oknum sesuai aturan tanpa pandang bulu, karena hal tersebut berdampak positif dapat meminimalkan praktik pungli di sejumlah OPD maupun di tengah masyarakat.

Dalam penggunaan APBD, pelayanan perizinan, kegiatan usaha yang selama ini kerap menjadi keluhan masyarakat, melalui acara sosialisasi yang digelar oleh pihak polres akan dapat mengurangi, mencegah dan menghentikan praktik pungli di daerah.