Bengkalis Tampilkan Mesin Pemurni Sagu Di Ritech Expo

id bengkalis tampilkan, mesin pemurni, sagu di, ritech expo

Bengkalis Tampilkan Mesin Pemurni Sagu Di Ritech Expo

Antara Foto

Bengkalis, (Antarariau.com) - Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau tampilkan mesin pemurni sagu dalam pameran Research, Innovation and Technology (Ritech) Expo Nasional yang berlangsung dari 10-11 Agustus 2018 di Pekanbaru.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Bengkallis Emri Juli Hernis mengatakan, produk unggulan yang tampilkan pada ajang Ritech, merupakan peralatan dan mesin hasil karya mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis, kelompok Posyantekdes dan hasil Lomba Karya Ilmiah (LKI).

"Peralatan yang disuguhkan kepada para pengunjung, yakni alat pemurni sagu. Peralatan ini menghasilkan sagu berkualitas tinggi, layaknya tepung lainnya di pasaran," ujar Emri, Jumat.

Kemudian, mesin pembangkit listrik pintar untuk kawasan pesisir yang memanfaatkan tenaga pengerak dari gelombang laut. Besaran daya listrik yang dihasilkan dari gelombang laut ini mencapai 500 watt.

Dikatakan selanjutnya, Mesin pemisah biji dengan isi durian, untuk memudahkan pelaku usaha produksi lempuk durian. Karena selama ini, pemisahan isi dan biji durian, dilakukan secara manual.

Selain itu mesin pemecah biji para/karet. Mesin ini merupakan hasil dari Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) Al-Banna MAN 1 Bengkalis yang diberi nama dengan Mrs.UD Dewlateks.

"Dari buah para ini, menghasilkan kerupuk para dan diolah menjadi pangan lainnya," kata Emri.

Produk lainnya, mesin penyulingan serai wangi menjadi minyak atsiri, beraroma wangi. Pada ajang Ritech Nasional ke-23 di Pekanbaru, mesinya berukuran besar, sehingga yang ditampilkan berupa miniatur.

"Kompor berbahan bakar oli bekas, diciptakan dengan bibaya Rp1.000.000 namun mampu menghasilkan api yang baik untuk proses masak-memasak," jelasnya lagi.

Dalam pameran ini, Balitbang melibatkan stakeholders terkait, Badan Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Kelautan, Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bengkalis serta Dekranasda.

Stand Kabupaten Bengkalis juga menampilkan makanan berbahan dasar sagu. Terdapat delapan jenis panganan berbahan baku sagu, yakni mie sagu, sagu lemak, sagu rendang, kembang loyang sagu, tepung sagu kualitas tinggi, kue bangkit sagu kelapa dan kacang. Kemudian, sirup tematu, bolu komojo dan lempuk durian tentunya.

Ritech Expo dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir dihadiri Presiden ketiga Republik Indonesia, Bj Habibie, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Pejabat dilingkup pemerintahan Provisi Riau, para Peneliti, dan sejumlah Rektor Universitas di Indonesia.