Karnaval Budaya Pesona Negeri Junjungan tampilkan adat dan budaya unik

id pemkab Bengkalis,Bupati Bengkalis,hari jadi Bengkalis,karnaval

Karnaval Budaya Pesona Negeri Junjungan tampilkan adat dan budaya unik

Pakaian adat dari Sumatera Barat ikut memeriahkan karnaval Budaya Pesona Negeri Junjungan sempena Hari Jadi ke-511 Bengkalis. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Karnaval Budaya Pesona Negeri Junjungan sempena Hari Jadi ke-511 Bengkalis berlangsung meriah. Ribuan pasang mata disuguhkan berbagai penampilan dan atraksi, yang sarat adat dan budaya Negeri Junjungan.

Tak hanya etnis dan suku yang ada di Bengkalis saja. Karnaval kali ini turut dimeriahkan penampilan-penampilan memukau dari para siswa dan guru di lapangan Tugu Bengkalis, Sabtu (29/7).

Seperti penampilan busana adat, budaya dan kesenian. Satu persatu paguyuban seperti Melayu, Akit, Bugis, Aceh, Minang, Banjar, Tionghoa, Jawa dan Batak melintas di panggung kehormatan.

Sorak sorai penonton dan lambaian tangan tamu undangan menambah semarak acara yang dilepas Bupati Kasmarni ini.

Usai penampilan etnis dan suku, dilanjutkan dengan konvoi sekolah. Mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA sederajat.

Para pelajar dan guru ini berlomba-lomba menampilkan yang terbaik di hadapan Bupati Kasmarni, Wabup Bagus Santoso dan para petinggi Forkopimda.

Konsep yang ditampilkan juga beragam, ada mengusung tema pernikahan melayu, khitan sunat rasul, mandi safar, permainan tradisional dan berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari masyarakat Bengkalis lainnya.

Bupati saja sampai berdecak kagum ketika ada beberapa peserta yang membawa perlengkapan nelayan, lengkap dengan ikan asli hasil tangkapan.

Selain mengaku terkesan karena acaranya berlangsung meriah. Melalui pidatonya, Bupati Kasmarni juga merasa senang karena bisa berbaur dan berakselerasi bersama ribuan masyarakat dalam rangka mempertahankan seni, budaya, kreasi sekaligus memperkenalkan potensi yang ada di Bengkalis.

"Harapan kami, melalui momentum karnaval ini dapat menjadi ajang untuk kita memperkenalkan keragaman adat tradisi dan khazanah Budaya Bengkalis dengan lebih menonjolkan tipikal karakter budaya lokal yang telah berkembang," harapnya,

Tidak itu saja, orang nomor satu di Negeri Junjungan ini juga berharap kegiatan karnaval dapat dijadikan sebagai media menampung kreativitas potensi dan imajinasi masyarakat Bengkalis untuk berinovasi, khususnya dalam pengembangan seni dan budaya.(Infotorial)