Sukseskan Asian Games, Satgas Karhutla Dumai Siaga di Daerah Rawan

id sukseskan asian, games satgas, karhutla dumai, siaga di, daerah rawan

Sukseskan Asian Games, Satgas Karhutla Dumai Siaga di Daerah Rawan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan Kota Dumai disiagakan di sejumlah lokasi rawan kebakaran untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan Asian Games 2018.

Komandan Kodim/0320 Dumai Letkol Horas Sitinjak di Dumai, Kamis, mengatakan ada sejumlah kecamatan yang rawan mengalami kebakaran lahan dan hutan (karlahut) sehingga mendapat pengawasan ketat dari personel gabungan untuk mengantisipasi terjadinya bencana kabut asap.

"Kita semua siap di lokasi rawan untuk memantau dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Enam kecamatan di Dumai yang dianggap rawan karlahut adalah Kecamatan Dumai Timur, Dumai Barat, Dumai Selatan, Bukit Kapur, Medang Kampai dan Sungai Sembilan.

Personel gabungan yang dikerahkan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan adalah unsur TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan masyarakat.

Komandan Satgas Karlahut Dumai ini menyebutkan dalam penanggulangan karlahut digunakan sejumlah konsep struktural, di antaranya bom air, teknologi modifikasi cuaca atau hujan buatan dan sekat kanal.

"Personel gabungan juga rutin menggelar sosialisasi dan patroli di daerah rawan kebakaran tersebut untuk mencegah terjadinya bencana kabut asap sebagai dampak karlahut," katanya.

Sementara, Sekretaris Daerah Kota Dumai Muhammad Nasir menyebutkan bahwa pemerintah daerah setempat siap mendukung kesuksesan pelaksanaan Asian Games 2018.

"Pemerintah daerah siap mendukung suksesnya pelaksanaan Asian Games yang berlangsung di Palembang, Jabar dan Jakarta dengan terus berkordinasi dalam upaya pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan," kata Sekda Nasir.

Terkait pelaksanaan Asian Games atau Pesta Olahraga Asia 2018, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebelumnya mengatakan bahwa TNI memiliki tugas strategis untuk mengamankannya.

Menurutnya, ancaman keamanan dalam acara tersebut ialah kebakaran hutan karena digelar bertepatan dengan musim kemarau.

"TNI-Polri berjaga supaya tidak terjadi kebakaran di Sumatera sehingga pelaksanaan Asian Games 2018 bisa berjalan lancar," kata Hadi, Senin (23/7).

Panglima menjamin TNI dan Polri akan bekerja sama untuk melakukan pengamanan, baik di Palembang, Jabar maupun Jakarta. ***3***