Cuaca Ekstrim dan Ombak 6 Meter di Perairan Jawa, KSOP Dumai Maklumatkan Peringatan Waspada

id cuaca ekstrim, dan ombak, 6 meter, di perairan, jawa ksop, dumai maklumatkan, peringatan waspada

Cuaca Ekstrim dan Ombak 6 Meter di Perairan Jawa, KSOP Dumai Maklumatkan Peringatan Waspada

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Dumai, Riau, kembali keluarkan maklumat peringatan waspada cuaca ekstrem dan hujan lebat khusus di Perairan Jawa pada pengguna jasa dan operator kapal di kepelabuhanan.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar dan Penjagaan Pantai KSOP Dumai Capt Yuzirwan di Dumai, Rabu, menyebutkan peringatan dini cuaca buruk di perairan ini menindaklanjuti Edaran Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI dan diberlakukan dalam sepekan, sejak 21 hingga 27 Juli 2018.

"Operator kapal agar mewaspadai cuaca ekstrem dan ancaman bahaya ombak dan hujan lebat di perairan Jawa dengan ketinggian mencapai 6 meter," kata Yuzirwan.

Dijelaskan, edaran waspada cuaca perairan ini juga dikeluarkan Syahbandar pada pekan sebelumnya untuk di Samudera Hindia Barat guna mengantisipasi kecelakaan laut.

Dalam maklumat pelayaran, diminta operator kapal dan pengguna jasa agar mengutamakan keselamatan berlayar dengan terus memantau rutin keadaan cuaca dan melengkapi kapal dengan peralatan navigasi.

Untuk keselamatan dan agar tidak terulang lagi kecelakaan kapal di laut, diimbau pemilik dan operator kapal mencari perlindungan cepat jika mendapati situasi tidak aman atau berbahaya saat berlayar di perairan.

"Nakhoda atau pemilik diimbau juga untuk menunda perjalanan laut apabila jarak pandang laut tidak aman dan tidak memungkinkan untuk berlayar karena berpotensi bahaya," sebutnya.

Bagi kapal berkecepatan tinggi, nakhoda agar mengawaki dengan kecepatan aman sesuai peraturan, dan mengangkut jumlah penumpang dan barang tidak melebihi kapasitas demi mengutamakan keselamatan pelayaran.

"Apabila cuaca buruk, nakhoda harus cari perlindungan dan melaporkan situasi dan posisi kapal melalui petugas di stasiun radio pantai," sebutnya.

KSOP berharap pengguna jasa dan pemilik atau nakhoda kapal di pelabuhan Dumai agar dapat mengikuti ketentuan berlaku sesuai perundangan pelayaran dengan terus menghindari ombak tinggi di perairan untuk menjaga keselamatan. ***1***

Pewarta :
Editor: Abdul Razak
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar