Waspada Cuaca Ekstrim, BPBD Bengkalis Siagakan Personel Di Area Pantai

id waspada cuaca ekstrim bpbd bengkalis siagakan personel di area pantai

Waspada Cuaca Ekstrim, BPBD Bengkalis Siagakan Personel Di Area Pantai

Bengkalis (Antarariau.com)- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis, Provinsi Riau menyiagakan petugas di titik pantai yang ramai dikunjungi wisatawan di daerah itu.

"Situasional, petugas kita standby dilokasi pantai yang ramai dikunjungi saat libur," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bengkalis, Jaafar Arief di Bengkalis, Selasa.

Menurutnya, sejak dua bulan belakangan ini cuaca begitu ekstrim, sehingga harus melakukan pengawasan ekstra, untuk mengantisipasi sewaktu- waktu ada kejadian yang tidak diinginkan.

Sementara itu, petugas Rescue dari BPBD Bengkalis, Rahmad Efendi menyebutkan, dia bersama dua petugas lainnya rutin melakukan pengawasan di Pantai Selat Baru.

"Cuaca sangat ekstrim, sehingga membutuhkan pengawasan ekstra, saat pengunjung ramai tanpa diduga bisa saja sewaktu waktu angin kencang yang berpengaruh pada gelombang dan keselamatan pengunjung," kata Rahmad.

Dijelaskannya, dengan membawa pengeras suara, dia bersama dua petugas lainnya rutin patroli menyisir pantai sambil memperhatikan gerak gerik pengunjung pantai.

"Untuk menunjang tugas dilapangan, kita telah dibekali dengan peralatan lengkap," katanya.

Rahmad mengakui banyak yang dirasakannya saat bertugas, ia mengaku bahagia bisa membantu dan memberikan rasa aman kepada pengunjung, tak jarang is bersama petugas lainnya harus basah ke laut untuk memperingatkan pengunjung yang berenang di zona bahaya.