Ini Jumlah Pajak yang Telah Terealisasi di Riau Kepri oleh DJP Tahun ini

id ini jumlah, pajak yang, telah terealisasi, di riau, kepri oleh, djp tahun ini

Ini Jumlah Pajak yang Telah Terealisasi di Riau Kepri oleh DJP Tahun ini

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Direktorat Jenderal Pajak Riau dan Kepulauan Riau mencatat realisasi penerimaan pajak di wilayahnya hingga Juli 2018 mencapai 41 persen dari target sampai akhir 2018 sebesar Rp23,93 triliun.

"Realisasi ini masih minim, dari target semester berjalan yang harusnya mencapai 50 persen," kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Riau-Kepri Kementerian Keuangan Jatnika di Pekanbaru, Minggu.

Ia menjelaskan minimnya realisasi penerimaan ini terpengaruh kondisi perekonomian Riau yang masih rendah selama semester I 2018.

Kendala pertumbuhan ekonomi yang masih rendah, sebutnya menyebabkan penerimaan pajak sejak tahun lalu tidak tercapai.

Karena itu, menurut dia, pihaknya akan terus berupaya menggenjot penerimaan pajak dengan berbagai cara, agar bisa memenuhi target hingga akhir 2018.

"Kami akan jemput bola pajak-pajak yang potensial, " ujar Jatnika.

Ia menjelaskan Kantor Pajak Riau-Kepri ditargetkan mampu mencapai pertumbuhan penerimaan pajak sebesar 23 persen dibandingkan 2017.

Hal ini, lanjutnya, membutuhkan kerja keras dari semua kantor pelayanan pajak (KPP) yang ada untuk menggugah masyarakat sadar membayar pajak.

"Penerimaan semester ini belum bisa menutupi target pertumbuhan pajak Riau sebesar 23 persen," tutur Jatnika.

Namun demikian, ia menambahkan secara keseluruhan penerimaan pajak Riau pada 2018 lebih baik dibandingkan 2017.

Menurut dia, sebenarnya tanda-tanda pertumbuhan ekonomi sudah terlihat seperti adanya perusahaan di Batam, Kepri, yang pada 2017 berhenti kini mulai beroperasi lagi.

"Penerimaan tahun lalu, tidak tercapai karena ekonomi Riau juga tumbuh rendah. Realisasi pendapatan pajak hanya 82,56 persen atau Rp20 triliun dari target Rp24 triliun," pungkasnya. ***3***