Punya Sungai dan Lahan Kosong Luas, Inhu Sebagai Penghasil Ikan Patin Terbanyak Perlu Dikembalikan

id punya sungai, dan lahan, kosong luas, inhu sebagai, penghasil ikan, patin terbanyak, perlu dikembalikan

Punya Sungai dan Lahan Kosong Luas, Inhu Sebagai Penghasil Ikan Patin Terbanyak Perlu Dikembalikan

Rengat, (Antarariau.com) - Masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, menyatakan optimistis wilayahnya mampu menjadi lumbung ikan mengingat kondisi yang sangat mendukung.

"Kondisi alam Indragiri hulu sangat menjanjikan untuk usaha pengelolaan ikan," kata warga Indragiri Hulu Wandi (34) dan Ira (45) di Rengat, Minggu.

Ia mengatakan, sejumlah kecamatan di Indragiri Hulu sangat memungkinkan untuk usaha perikanan air tawar, selain banyak sungai, warga memiliki lahan kosong, ini alternatif kegiatan mendongkrak ekonomi masyarakat, selama ini banyak petani ikan beralih ke bisnis lain akibat kurang perhatian.

Petani ikan kurang mendapat pembinaan, bantuan dan dukungan dari instansi terkait sehingga membuat usaha ini lesu, sementara kebutuhan ikan sangat tinggi baik untuk lokal maupun luar daerah, misalnya untuk rumah makan, pasar rakyat maupun kuliner lainnya.

"Untuk itu selayaknya pemerintah kembali menggiatkan program usaha ikan," pintanya.

Menurut dia, Rengat Barat misalnya banyak lahan kosong, sepanjang jalan lintas Pematang Reba - Rengat sangat cocok usaha perikanan, selain untuk menambah pendapatan keluarga, objek wisata juga dapat mengatasi banjir yang selama ini menjadi keresahan masyarakat.

Dipasar rakyat baik di Kota Rengat, Rengat Barat dan Pasir Penyu ikan segar banyak didatangkan dari daerah luar kota termasuk Provinsi Jambi dan Sumatera Barat. Harganya melambung tinggi. Jika petani ikan dioptimalkan maka ketergantungan dengan pihak luar teratasi.

Dika, salah satu petani ikan di Indragiri Hulu menyebutkan, peluang yang besar adalah mengelola kolam ikan Lele, Patin dan Baung serta Nila. Pemasarannya mudah karena konsumen banyak yang mencari, bahkan pengelolaannya tidak terlalu membutuhkan biaya besar.

"Mestinya sosialisasi dari instansi terkait lebih optimal," ujarnya.

Indragiri Hulu yang terkenal penghasil ikan Patin mestinya kembali berjaya, bahkan tingginya produksi selama ini hingga dibuat Tugu Patin di Rengat Barat, melambangkan kota penghasil ikan terbanyak di Riau.

Berkaitan dengan pentingnya bantuan, sosialisasi dan bahkan pemasaran ikan hasil perikanan masyarakat, instansi terkait di Kabupaten Indragiri Hulu hingga saat ini belum dapat dikonfirmasi. ***3***