Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Tahun ini Hanya Punya 7 Kapal, Kenapa?

id pelabuhan sungai, duku pekanbaru, tahun ini, hanya punya, 7 kapal kenapa

Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Tahun ini Hanya Punya 7 Kapal, Kenapa?

Oleh Diana Syafni

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Beberapa kapal di Pelabuhan Sungai Duku Kota Pekanbaru tidak beroperasi lagi dikarenakan berkurangnya penumpang yang terjadi setiap tahunnya.

"Tahun ini ada tujuh kapal yang operasional, dua tujuan siak, empat tujuan Selat Panjang, satu tujuan Bengkalis, kapal-kapal tersebut berkurang setiap tahunnya," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Sungai Duku Dinas Perhubungab Riau, Joniansyah ketika dihubungi Minggu pagi di Pekanbaru.

Dikatakannya pada 2012 itu untuk tujuan Siak ada delapan kapal, tahun 2015 ada lima kapal sekarang hanya tingga dua kapal. Untuk tujuan Bengkalis dahulunya ada enam kapal berkurang menjadi empat kapal dan berkurang lagi jadi dua kapal sampai sekarang hanya tinggal satu kapal," tegasnya.

Dia memberikan alasan bahwa berkurangnya kapal yang operasional tidak terlepas dari sepinya penumpang.

Rata-rata penumpang 2015, 300 sampai dengan 350 perhari. akhir 2015 sampai awal tahun ini 250 perhari

Hal tersebut dikarenakan penumpang banyak beralih menggunakan travel langsung ke daerah tujuan, ditambah dengan rute perjalanan darat yang banyak dibangun serta jembatan.

strategi untuk meningkatkan penumpang mungkin dari segi pelayanan, kenyamanan dan fasilitas pelabuhan.

"Untuk perbaikan-perbaikan fasilitas pelabuhan dari anggaran yang diberikan Dinas Perhubungan, kalau sekarang karena sudah memadai jadi tidak kita usulkan, hanya saja bagaimana kita merawatnya,"ujar nya.