Pekanbaru Job Fair for Career Tidak Syaratkan Pengalaman Kerja, Ratusan Pencaker Menyesaki

id pekanbaru job, fair for, career tidak, syaratkan pengalaman, kerja ratusan, pencaker menyesaki

Pekanbaru Job Fair for Career Tidak Syaratkan Pengalaman Kerja, Ratusan Pencaker Menyesaki

Retmon Bensal Putra

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ratusan pencari kerja berbagai usia yang berasal dari Pekanbaru dan beberapa wilayah sekitar sesaki perhelatan "Pekanbaru Job For Career" yang berlangsung di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, Rabu.

"Ini adalah hari pertama kita. Masih ada satu hari lagi kesempatan bagi para pencaker untuk bergabung dengan berbagai perusahaan," ucap Ketua Panitia "Pekanbaru Job For Career" 2018, Ricky di Pekanbaru.

Ricky menjelaskan bahwa untuk kali ini pihaknya menggandeng 26 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti Finance, Provider telekomunikasi serta BUMN. Setidaknya dari 26 perusahaan yang berpartisipasi terdapat sekitar 1.000 lowongan yang disediakan untuk para pencaker tersebut. Lebih jauh ia menyebutkan bahwa kegiatan "Pekanbaru Job For Career" sebenarnya sudah sering digelar. Hal ini bertujuan untuk dapat mengurangi angka pengangguran maupun jumlah pencari kerja yang ada di Pekanbaru.

Ricky menambahkan bahwa pihaknya juga memberlakukan sejumlah aturan bagi perusahaan yang ikut dalam "Pekanbaru Job For Career" dalam menetapkan persyaratan bagi para pelamar. Salah satunya ialah soal standar usia dan pengalaman dari para calon pelamar tersebut. Menurutnya penetapan standar yang tinggi soal pengalaman dinilai akan memberatkan para calon pelamar tersebut. Pasalnya menurut data yng diperoleh pihaknya rata-rata para pencaker tersebut masih banyak tergolong dalam "fresh graduate" alias masih baru dalam dunia kerja. Bahkan tidak sedikit dari para pencaker tersebut yang tidak memiliki pengalaman sama sekali dalam suatu pekerjaan.

"Kan kasian juga kalau persyaratannya harus memiliki pengalaman kerja. Fresh Graduate akan kesulitan," imbuhnya.

Indah, Salah seorang peserta "Pekanbaru Job For Career" tersebut mengaku baru pertama kali mengikuti kegiatan tersebut. Perempuan asal Bangkinang ini juga baru lulus dari salah satu perguruan tinggi di Pekanbaru. Baginya kegiatan tersebut sangat membantu ia dan teman-temannya dalam hal mencari pekerjaan. Pasalnya dari sejumlah perusahaan ayng pernah ia lamar selalu mempertanyakan soal pengalaman kerja.

"Kami baru lulus. Kalau ditanyakan soal pengalaman mana kami punya," ucapnya.

Rencananya kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari (11-12 Juni). Pekanbaru Job For Career tersebut dapat diikuti secara gratis alias tanpa bayaran.***4*