Kecelakaan Perairan Kerap Terjadi, KSOP Dumai Cek Sarana Keselamatan Kapal Penyeberangan Roro

id kecelakaan perairan, kerap terjadi, ksop dumai, cek sarana, keselamatan kapal, penyeberangan roro

Kecelakaan Perairan Kerap Terjadi, KSOP Dumai Cek Sarana Keselamatan Kapal Penyeberangan Roro

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Kesyahbandar Otoritas Pelabuhan Dumai Sanggam Marihot menginstruksikan petugas mengecek kesiapan sarana dan alat keselamatan diatas kapal penyeberangan Roro untuk antisipasi kecelakaan perairan, Jumat.

Pemeriksaan ini menyusul turun perintah dari Menteri Perhubungan RI agar pengawas syahbandar melakukan pengecekan keselamatan aktivitas pelayaran di wilayah masing masing.

"Saya sudah memberikan arahan supaya dilakukan pemeriksaan alat alat keselamatan yang ada di atas kapal roro, dan petugas ksop dumai dan marine inspector langsung aksi melakukan pemeriksaan," kata Sanggam.

KSOP Dumai akan menunda keberangkatan kapal yang mengajukan izin berlayar jika standar dan alat keselamatan belum dipenuhi, untuk antisipasi insiden atau hal tidak diinginkan.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Yuzirwan mengatakan, operator kapal wajib mengutamakan unsur keselamatan sesuai ketentuan dan tidak melebihi kapasitas muatan.

"Kapal belum memenuhi standar keselamatan akan kita tunda berangkat agar terhindar dari hal tidak diinginkan," kata Yuzirwan.

Peringatan bagi pengguna jasa kepelabuhanan ini upaya antisipasi kecelakaan kapal di perairan, terutama kapal pengangkut penumpang agar tidak menelan korban nyawa.

Disebutkan, keselamatan penumpang kewajiban nahkoda dan kru kapal, sehingga dalam pelayaran harus memperhatikan kondisi cuaca, kecepatan aman dan melengkapi sarana navigasi serta komunikasi.

Disamping itu, stabilitas kapal harus dijaga dengan tidak melebihi kapastitas penumpang serta barang, kemudian memiliki alat keamanan jaket pelampung untuk anak dan dewasa.

"Kapal penumpang tidak tidak boleh berlebihan dan harus sesuai kapasitas, kita akan terus meningkatkan pengawasan sebelum kapal berlayar," sebutnya