Harga Sembako di Pekanbaaru Masih Stabil

id harga sembako, di pekanbaaru, masih stabil

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru mencatat harga sejumlah bahan pokok di berbagai pasar tradisional setempat masih stabil, memasuki bulan Juli 2018.

"Memang ada fluktuasi yang berbeda dari sejumlah komoditas tersebut, tapi ini masih dalam tahap yang wajar," ucap Kadisperindag Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, di Pekanbaru, Senin.

Ingot mencontohkan untuk harga cabai merah asal Medan yang pada pekan lalu dijual dengan harga Rp25 ribu perkilogram, kini menjadi Rp24 ribu perkilogramnya. Hal ini juga terjadi pada cabai rawit yang juga mengalami penurunan harga dari Rp33 ribu perklogramnya, kini dijual dengan kisaran Rp31 hingga Rp32 ribu perkilogramnya. Sedangkan untuk komoditas seperti cabai hijau masih bertahan di angka Rp22 ribu perkilogramnya.

Hal serupa juga terjadi pada bawang merah yang juga engalami penurunan harga dari Rp30 perkilogramnya kini menjadi Rp28 ribu perkilogramnya. Kemudian untuk bawang putih dari sebelumnya dijual dengan harga Rp22 kini menjadi Rp20 ribu perkilogramnya.

Namun hal berbeda ditunjukkan komoditas cabai merah asal Bukittinggi yang pada pekan lalu dijual dengan harga Rp26 ribu kini meningkat menjadi Rp30 ribu perkilogramnya. Kenaikan harga tersebut juga diikuti hasil perkebunan lain seperti tomat yang juga mengalami peningkatan dari harga Rp8000 perkilogramnya menjadi Rp16.000 perkilogramnya.

"Memang untuk harga cabai merah asal Bukittinggi agak susah untuk diprediksi karna peminatnya banyak. Selain itu naiknya harga tersebut juga dipicu oleh kondisi cuaca di daerah penghasil," imbuhnya.

Ingot menambahkan bahwa kendati pada beberapa waktu lalu pasokan cabai merah asal Bukittinggi melimpah di tingkat pasar tradisional di Pekanbaru, namun cuaca ekstrim yang terjadi di Pekanbaru membuat pasokan tersebut jadi terhambat. Pasalnya pihak petani produsen takut manakala komoditas mereka akan mengalami kerusakan saat dalam perjalanan. Oleh sebab itu ia memperkirakan bahwa kenaikan harga tersebut terjadi lantaran berkurangnya pasokan komoditas yang satu ini di Pekanbaru.

Sementara itu untuk komoditas lain seperti ayam masih bertahan di angka Rp28 ribu perkilogramnya. Sedangkan daging sapi masih sama seperti beberapa waktu lalu yaitu Rp120 ribu perkilogramnya.

"Belanjalah sesuai kebutuhan, jangan keinginan. Kalau kita butuhnya cuma dua kilo, ngapain dibeli hingga lima kilo," pungkasnya.

Oleh Retmon Bensal Putra