Tanggulangi Bencana Longsor Inhil, Pemprov Riau Usulkan Bantuan Dana Siap pada BNPB

id tanggulangi bencana, longsor inhil, pemprov riau, usulkan bantuan, dana siap, pada bnpb

Tanggulangi Bencana Longsor Inhil, Pemprov Riau Usulkan Bantuan Dana Siap pada BNPB

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau mengatakan akan mengusulkan permintaan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) guna menanggulangi bencana longsor yang terjadi di Kota Tembilahan, Inhil.

"Kami dari BPBD Provinsi Riau bersama Sekdaprov akan mengusulkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar diberikan Dana Siap Pakai (DSP) agar tempat longsor ini cepat diperbaiki," ucap Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi, bersama Kepada Badan Penanggulanan Bencana Daerah Provinsi, Riau Edwar Sanger saat meninjau lokasi musibah longsor di Jalan Greliya Parit 6 Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Selasa.

Musibah longsor yang terjadi dua kali dalam sepekan ini menyeret empat unit rumah warga, sedangkan satu unit rumah lainnya mengalami rusak parah.

Longsor yang juga memakan sebagian bahu Jalan Nasional yang notabene baru selesai dibangun membuat akses lalu lintas masyarakat menjdi terganggu. Puluhan personil BPBD dan Polres Kabupaten Inhil tampak siaga dilokasi.

Terkait dengan tata ruang dan tanah pinggiran sungai yang tidak memiliki legalitas yang jelas ditambahkan Sekdaprov agar ditata dengan baik karena jika dibiarkan akan kembali terjadi longsor di tempat-tempat lain.

"Sebagai contoh, ini kan sudah ada turap atau dam yang dibangun, hal ini merupakan penataan ruang sungai yang baik. Memang perlu adanya kesadaran bersama untuk menjadikan kawasan yang semula rawan bencana menjadi kawasan yang bisa menjadi tempat wisata," ucapnya.

Pemerintah lanjutnya, juga akan terus berusaha agar satu-satunya akses penghubung antar daerah tersebut dapat kembali digunakan secara optimal seperti biasanya.

"Masyarakat sekitar juga diminta agar turut mengantisipasi serta berhati-hati terhadap musibah yang sama," imbaunya.