Disperindag Minta Pertamina Segera Selesaikan Konversi Gas

id disperindag minta, pertamina segera, selesaikan konversi gas

Pekanbaru,4/7(ANTARA)- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Suraji di Pekanbaru, Minggu, meminta pihak Pertamina secepatnya menyelesaikan konversi gas di daerah itu.

"Di Pekanbaru terdapat setidaknya 30 ribu Kepala Keluarga (KK) yang belum mendapatkan konversi gas," jelas dia.

Pihak Disperindag sudah mendata dan meminta paket konversi ke pihak Dirjen Migas, namun sayangnya hingga saat ini belum ada tanda-tanda direalisasikannya program tersebut.

"Padahal secara perlahan-lahan subsidi minyak tanah mulai ditarik. Hingga saat ini saja, subsidi yang ditarik sebanyak 80 persen, padahal belum sepenuhnya masyarakat Pekanbaru mendapatkan konversi gas," tukasnya.

Menurut Suraji, hal itu akan memberatkan masyarakat. Dikarenakan mayoritas masyarakat yang belum mendapatkan adalah masyarakat yang kurang mampu.

"Padahal pihak Disperindag sudah meminta kepada Pertamina untuk melakukan pengurangan subsidi bertahap. Kalau memang program konversi sudah dipenuhi, silahkan saja Pertamina mencabut subsidinya," kata Suraji .

Ditambahkannya, meskipun kebijaksanaan pencabutan tersebut adalah kebijaksanaan pusat, Suraji berharap Pertamina dapat mengukur kemampuan masyarakat berdasarkan fakta yang ada dilapangan.

"Jangan sampai masyarakat menilai pemerintah daerah tidak berjuang untuk kepentingan rakyat," imbuh dia.

Sales Representative BBM Retail PT Pertamina Region I Riau, Witdoso, mengatakan pihaknya sudah menyediakan agen yang khusus menjual minyak tanah non subsidi.

Dengan adanya agen ini, ia mengharapkan bahwa masyarakat tidak kesulitan lagi dalam menemukan minyak tanah. Sementara mengenai pengurangan subsidi hingga 80 persen, lanjutnya, merupakan kebijakan pusat yang harus diikuti.