Antisipasi Beredarnya Produk Ilegal, Legislator Rohil Minta Disperindag Gencarkan Razia

id antisipasi beredarnya, produk ilegal, legislator rohil, minta disperindag, gencarkan razia

Antisipasi Beredarnya Produk Ilegal, Legislator Rohil Minta Disperindag Gencarkan Razia

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Kalangan DPRD Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau kembali mengingatkan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk lebih gencarnya melakukan razia makanan didaerah itu.

"Biasanya menjelang lebaran akan banyak pertambahan produk dipasaran, mulai dari makanan ringan, pakaian, kebutuhan pangan, elektronik dan lain-lain. Kami minta dinas terkait untuk mengencarkan razia mengantisipasi beredarnya produk ilegal maupun kategori kadaluarsa," kata Anggota DPRD Rohil Murkhan Muhammad di Bagansiapiapi, Selasa.

Sebagai wakil rakyat, terangnya pihaknya meminta Disperindag untuk melakukan pengawasan yang ketat, agar masyarakat tidak menjadi korban dan memberikan sanksi tegas kepada para pedagang yang melakukan hal tersebut.

"Kami melihat banyak dinas yang terkesan pasif, tidak ada melakukan pemantauan atau razia makanan mengandung zat berbahaya, razia pasar mencegah masuknya produk ilegal dan sejenisnya," sebut Murkan.

Padahal lanjutnya Rohil tidak tertutup kemungkinan menjadi sasaran empuk masuknya produk ilegal mengingat banyak wilayah yang terdiri atas kawasan perairan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pelabuhan-pelabuhan tikus.

"Kami minta semua pihak terkait dapat meningkatkan pengawasan dan saling berkoordinasi menyikapi hal ini," harapnya.

Politisi Partai Demokrat Rohil ini juga meminta kepada masyarakat agar waspada keberadaan makanan dan minuman yang kadaluarsa.

"Ini momen bagi pedagang yang tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan. Makanya ketika ingin membeli teliti dengan baik dan lihat masa berlakunya," imbaunya. (Adv)