Persiapan Idul Fitri, KSOP Dumai Uji Petik Kapal Fery

id persiapan idul, fitri ksop, dumai uji, petik kapal fery

Persiapan Idul Fitri, KSOP Dumai Uji Petik Kapal Fery

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Petugas marine inspector Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Klas IA Dumai lakukan uji petik sejumlah kapal fery angkutan lebaran 2018 di terminal penumpang Pelindo Dumai sebagai kesiapan sambut Idul Fitri.

Marine Inspector KSOP Dumai Toni Sulistyo mengatakan, uji petik atau pemeriksaan kapal untuk melihat kelaikan berlayar dan melayani pengangkutan penumpang pada arus mudik lebaran nanti.

"Uji petik ini untuk memastikan kapal dalam kondisi layak berlayar dan mengangkut penumpang rute dalam dan luar negeri serta sebagai kesiapan kita menghadapi arus mudik," kata Toni, Minggu.

Petugas syahbandar Dumai menguji petik dua kapal sedang sandar di dermaga pelabuhan penumpang Pelindo Dumai, yaitu Feri Mutiara Mas III melayani rute Dumai- Muar (Johor) dan Dumai Line 5 rute domestik.

Salah satu aspek penting dari kegiatan uji petik ini adalah peralatan keselamatan, serta antisipasi insiden dan dengan menerapkan sistem darurat untuk menghindari kepanikan.

"Setiap ada momen besar, tim rutin periksa kondisi kapal, alat keselamatan dan alat antisipasi darurat seperti pemadam," sebutnya.

Dari uji petik ini, dua kapal feri dipastikan dalam kondisi layak berlayar dan bisa mengangkut penumpang atau pemudik yang menggunakan moda transpotasi laut.

Terkait angkutan lebaran, Polres Dumai menyiapkan lima posko untuk mengawal situasi arus mudik Idul Fitri 1439 H dan memberikan rasa nyaman pada masyarakat, yaitu dua pos pengamanan dan tiga pos pelayanan.

Kabag Operasi Polres Dumai Kompol GTP Siringgo Ringo menyebut, posko pengamanan dibuka di Jalan Jenderal Sudirman dan Simpang Jalan Perwira, ditambah posko pelayanan di terminal penumpang Pelindo, pelabuhan Roro dan Terminal AKAP di Jalan Kelakap Tujuh.

"Lima pos disiapkan untuk mengawal dan mengamankan proses mudik lebaran 2018 dengan personel siaga menjaga situasi," kata Kompol GTP Siringo Ringo pada wartawan.

Posko pengamanan dan pelayanan dioperasikan selama 18 hari, mulai 8-25 Juni dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Muara Takus 2018, untuk keamanan dan kenyamanan pemudik. ***