Kemenag Pekanbaru Lakukan Persiapan Idul Adha

id kemenag pekanbaru, lakukan persiapan, idul adha

Pekanbaru,14/11(ANTARA)- Kementrian Agama Pekanbaru mulai melakukan berbagai persiapan menjelang Hari Raya Idul Adha 1431 H, 17 November mendatang.

"Berbagai persiapan dilakukan seperti khatib, imam dan bilal untuk pelaksanaan shalat Hari Raya Idul Adha. Maupun tempat shalatnya," ujar Kepala Kemenag Pekanbaru, Tarmizi Tohor di Pekanbaru, Ahad.

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan shalat Idul Adha tidak jauh berbeda dibandingkan tahun lalu yakni sekitar 200 tempat sholat. Lokasi shalat Idul Adha tidak hanya dilapangan terbuka juga beberapa masjid.

"Seperti tahun sebelumnya, tahun ini juga akan dilengkapi dengan pawai pada malam takbirannya," jelasnya.

Pihaknya sudah meminta Kantor Urusan Agama (KUA) yang berada di setiap kecamatan dan juga sekolah untuk meramaikan takbir ini. Rencananya, rute yang akan dilalui tersebut adalah mulai Jalan Gajah Mada kemudian Sudirman, Arifin Ahmad, Sukarno Hatta lalu masuk Jalan Riau terus A Yani dan Juanda untuk selanjutnya masuk kembali ke Jalan Sudirman. Kemudian melalui Jalan Hang Tuah serta kembali ke Jalan Diponegoro dan berakhir di Jalan Gajahmada, lokasi awal arak-arakan takbir.

Asisten 1 Pemerintah Kota Pekanbaru, HR Dorman Johan mengatakan teknisnya pawai Idul Adha sama dengan pawai takbiran pada malam Idul Fitri.

"Namun ada sedikit peningkatan yaitu di samping pawai kendaraan bermotor, pada malam Idul Adha ini juga ada pawai berjalan kaki," jelasnya.

Pawai ini akan diikuti oleh masyarakat di seluruh kelurahan yang ada di Kota Pekanbaru, intansi terkait, KUA Kecamatan serta masjid.

"Ribuan orang diperkirakan bakal meriahkan malam takbiran," katanya.

Sementara itu, persiapan bangunan sementara untuk mimbar takbiran saat ini sedang dibangun di Jalan Gajahmada.