Legislator Riau Heran Bantuan Keuangan Untuk Kuansing dari Pemprov kok Hanya Rp351 Juta

id legislator riau, heran bantuan, keuangan untuk, kuansing dari, pemprov kok, hanya rp351 juta

Legislator Riau Heran Bantuan Keuangan Untuk Kuansing dari Pemprov kok Hanya Rp351 Juta

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Anggota DPRD Riau menyoroti rendahnya alokasi bantuan keuangan atau bankeu untuk Kabupaten Kuantan Singingi, yang hanya mencapai Rp351 juta untuk tahun ini.

"Rata-rata penganggaran bankeu untuk kabupaten/kota itu sama, tapi dalam perjalanan, ternyata ada yang berkurang dan jumlahnya cukup sedikit, seperti Kuansing, yang hanya mendapat Rp351 juta, padahal di daerah lain mencapai puluhan miliar," kata Anggota DPRD Riau asal Kuansing, Aherson di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan akan memanggil sejumlah pihak yang memiliki kewenangan dalam pengurangan anggaran itu untuk mempertanyakan mengapa anggaran di sejumlah daerah terutama dapilnya Kuantan Singingi jauh sekali berkurang.

"Mestinya setelah pembahasan tidak ada perubahan lagi tapi kita heran mengapa anggaran sampai berkurang sejauh itu. Kita akan panggil APD untuk mempertanyakannya, kan awalnya merata di semua daerah," ujar Politisi Demokrat Riau ini.

"Saya terus terang baru mengetahui informasi ini, terus terang saya kaget karena anggaran ini terlalu kecil jumlahnya," sambungnya.

Pihaknya berharap segera mendapatkan penjelasan soal pengurangan alokasi bankeu untuk sejumlah kabupaten/kota setempat.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kuansing Hendra membenarkan daerahnya hanya mendapat Rp351 juta bantuan keuangan dari Provinsi Riau yang bersumber pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2018.

Hal tersebut mengacu pada keputusan Gubernur Riau, Bankeu untuk Kuansing sebesar Rp351 juta yang diperuntukkan untuk kegiatan festival pacu jalur 2018.

***3***