Beri Petugas Waktu Salat Jumat, Kapal Roro Bengkalis Dikurangi 2 Keberangkatan

id beri petugas, waktu salat, jumat kapal, roro bengkalis, dikurangi 2 keberangkatan

Beri Petugas Waktu Salat Jumat, Kapal Roro Bengkalis Dikurangi 2 Keberangkatan

Bengkalis, (Antarariau.com)- Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mengurangi dua jadwal keberangkatan penyeberangan kapal "roll on-roll off" atau Roro rute Air Putih - Sungai Selari pada setiap Jumat, guna memberikan kesempatan kepada petugas untuk beribadah Salat Jumat.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis, Djoko Edy Imhar melalui Kepala Bidang Pelayaran Dishub, Zul Asri di Bengkalis, Selasa, menyebutkan, pengurangan dari 17 trip menjadi 15 trip pada hari Jumat disebabkan waktu untuk pelayanan trip ke-5 dan ke-6 diberikan kepada kru KMP maupun petugas pelayanan di pelabuhan Air Putih atau Sei Selari agar mereka dapat menunaikan salat Jumat.

"Perubahan dimaksud guna memberi kesempatan kepada kru di setiap KMP maupun petugas pelayanan/staf Dishub di pelabuhan Air Putih maupun Sei Selari, khususnya mereka beragama Islam agar dapat menunaikan 'fardhu ain' yang selama ini kerap dilalaikan," kata Zul Asri.

Menurut dia, aturan tersebut hanya akan diterapkan pada setiap hari Jumat dan dimulai pada Jumat mendatang yaitu pada 27 April 2018.

Dalam pola reguler dengan tiga unit KMP yang dioperasikan, lanjutnya lagi, trip pertama dari Air Putih pukul 06.30 WIB, sedangkan yang terakhir pukul 22.30 WIB. Sementara dari Sei Selari trip pertama pukul 07.00 WIB dan terakhir pukul 23.30 WIB.

"Pada hari Jumat, khusus dari Sei Selari, untuk trip ke-6 pukul 12.00 WIB hanya buat angkutan Bahan Bakar Minyak (BBM). Bukan untuk penumpang umum," kata Kepala Bidang Pelayaran Dishub, Zul Asri.

Untuk setiap Jumat dengan pola 3 unit KMP yang beroperasi, trip ke-4, baik dari Air Putih maupun Sei Selari, sama-sama pukul 11.00 WIB. Sedangkan trip ke-6 waktunya sama dengan trip ke-8 pada pelayanan reguler.

"Sedangkan hari Jumat hanya berkurang satu trip, yaitu trip ke-7 Pada hari Jumat dengan 4 KMP beroperasi, trip ke-6 dan ke-8, baik dari Air Putih maupun Sei Selari, masing-masing pukul 11.00 WIB dan 13.00 WIB," ujarnya.

Ia mengingatkan kepada para pengguna jasa penyeberangan pelabuhan Air Putih maupun Sei Selari, bahwa jadwal yang telah disusun Dishub tersebut sewaktu-waktu bisa berubah.

"Jadwal bisa saja berubah sewaktu-waktu karena cuaca kurang baik atau kapal trouble (mengalami kerusakan)," katanya. *