Bulog Dumai Jamin Stok Beras Aman Hingga 6 Bulan Kedepan

id bulog dumai, jamin stok, beras aman, hingga 6, bulan kedepan

Bulog Dumai Jamin Stok Beras Aman Hingga 6 Bulan Kedepan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Perum Bulog Sub Divre Dumai memastikan persediaan beras pemerintah sebanyak 4.000 ton saat ini aman untuk mencukupi kebutuhan hingga lima bulan ke depan, dan diimbau masyarakat untuk tidak kuatir.

Kepala Bulog Subdivre Dumai Renaldi mengatakan, hasil pemantauan ke pasar, belum ditemukan kenaikan drastis harga beras, dan sejauh ini dianggap masih stabil.

"Stok beras kita aman untuk enam bulan ke depan, dan tidak ada yang perlu dikuatirkan, termasuk harga terpantau masih normal di pasaran," kata Renaldi kepada wartawan, Rabu.

Disebutkan, untuk mengantisipasi kelangkaan dan lonjakan harga, Bulog rutin melakukan pemantauan ke distributor dan operasi pasar agar masyarakat mudah mendapatkan beras dengan harga standar.

Selain stok 4.000 ton tersimpan di gudang, Bulog dalam waktu dekat juga akan menerima pengiriman 2.000 ton beras untuk memperkuat persediaan dan kebutuhan program beras sejahtera.

"Kita juga rutin menggelar operasi pasar untuk mengantisipasi kelangkaan dan pengendalian harga beras," sebutnya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Kota Dumai Zulkarnaen menyebutkan, antisipasi kelangkaan dilakukan dengan rutin melaksanakan pemantauan dan sosialisasi peraturan tentang tanda daftar pelaku usaha distribusi.

Sosialisasi ini agar pelaku usaha mendaftar pada sistem Kementerian Perdagangan RI, dan apabila terjadi kelangkaan diakibatkan faktor alam, segera dilakukan operasi pasar hingga harga stabil.

Hinggaga kini di dumai belum ada ditemukan daerah rawan pangan dan secara umum pendistribusian berjalan lancar, serta terjangkau oleh transportasi darat maupun laut," jelas Zulkarnaen. ***3***