Hasil Observasi Nyatakan Kondisi Bayi Penderita Tumor Wajah Masih Stabil

id hasil observasi, nyatakan kondisi, bayi penderita, tumor wajah, masih stabil

Hasil Observasi Nyatakan Kondisi Bayi Penderita Tumor Wajah Masih Stabil

Pekanbaru (Antarariau.com) - Hasil observasi awal dokter Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad terhadap Muhammad Ilham, bayi penderita tumor di wajah, menunjukan kondisi stabil dan kemungkinan penyakitnya bukan kanker.

"Dari observasi awal, keadaan umum pasien cukup baik. Dari riwayat penyakitnya, kemungkinan sementara ini bukan suatu kanker," kata Direktur RSUD Arifin Achmad, dr. Nuzelly Husnedi MARS, di Pekanbaru, Kamis.

Bayi yang baru berusia empat bulan itu mulai dirawat di RSUD Arifin Achmad sejak Rabu malam (19/12). Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman langsung memerintahkan Dinas Kesehatan Riau untuk menjemput bayi tersebut dari rumah orangtua bayi di Jl. Lili Ujung Kota Pekanbaru.

Nuzelly mengatakan, untuk selanjutnya Bayi Ilham akan menjalani pemeriksaan lanjutan oleh dokter bedah untuk mengetahui secara pasti penyakitnya.

"Dokter Bedah yang merawat akan melengkapi pemeriksaan penunjang untuk menentukan diagnosis penyakitnya, lalu menentukan langkah penanganan selanjutnya," tutur Nuzelly.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir menyatakan, informasi mengenai kondisi bayi malang itu didapatkan dari Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Gubernur memerintahkan dinas kesehatan untuk bergerak cepat menolong bayi yang ternyata sudah tidak memiliki ayah itu.

Baca juga:Riau Berikan Bantuan Perobatan Gratis Untuk Bayi Penderita Tumor Wajah

"Atas perintah Gubenur, Ilham langsung dijemput dari rumah tinggalnya Jalan Lili Ujung No 10, Sukajadi, Pekanbaru, Rabu malam sekitar pukul 21.30 WIB untuk dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad," kata Mimi.

Tanpa berlama-lama, lanjutnya, tim Jamkesda Diskes Riau kemudian mendatangi rumah Ilham. Mereka mendapatkan bayi malang ini dalam keadaan tidak berdaya karena tumor diwajahnya.

Ibunya yang kini menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Malaysia tidak bisa merawat sendiri Ilham, dan terpaksa menyerahkan pengurusannnya kepada tantenya Saidiah yang berusia 38 tahun.

Mimi memastikan bahwa Bayi Ilham tidak akan dipungut biaya pengobatan.

"Bayi ini tidak akan dikenakan biaya pengobatan sepeserpun. InsyaAllah semuanya ditanggung Pemerintah Provinsi Riau melalui skema pembiayaan Jamkesda," ujarnya.

Bayi Ilham kini dirawat di Ruang Mawar yang merupakan instalasi perawatan anak di RSUD milik Pemprov Riau itu.