Danrem 031/WB: Kita Ini Bukan Prajurit Yang Mencari Sesuap Nasi

id danrem 031wb, kita ini, bukan prajurit, yang mencari, sesuap nasi

Danrem 031/WB: Kita Ini Bukan Prajurit Yang Mencari Sesuap Nasi

Pekanbaru (Antarariau.com) - Komandan Resort Militer 031 Wira Bima, Brigjen TNI Edy Nasution, berharap agar prajurit infanteri TNI AD di Provinsi Riau mampu menjaga semangat patriotisme dan kemanunggalan dengan rakyat demi keutuhan Republik Indonesia.

"Karena itu dikatakan, kita ini bukan prajurit yang mencari sesuap nasi. Tapi dengan kondisi apapun kita mampu mengerjakan tugas dengan baik. Karena itu, kita selalu sampaikan bahwa kemanunggalan TNI dengan rakyat menjadi hal yang sangat pokok," kata Brigjen TNI Edy Nasution pada peringatan Dirgahayu ke-69 Infanteri, di Markas Korem 031/WB di Kota Pekanbaru, Selasa.

Ia meminta agar pesan dari Panglima Besar Jenderal Soedirman harus ditanamkan di dada setiap prajurit infanteri bahwa semangat pantang menyerah dan patriotisme harus tidak mudah goyah.

Selain itu, kemanunggalan TNI bersama rakyat merupakan sesuatu yang mutlak untuk terus dipertahankan dan lebih penting ketimbang pembaruan alat utama sistem persenjataan (Alutsista).

"Apapun sejata, Alutsista kita yang modern, ketika kita tidak manunggal dengan rakyat, itu tidak akan berguna. Kemanunggalan itulah yang ditakuti oleh bangsa luar karena perjuangan bangsa ini juga melalui kemanunggalan itu," ucapnya.

Mengutip pesan dari Panglima TNI, lanjutnya, bahwa selama ini yang merebut kemerdekaan Indonesia bukanlah TNI, melainkan adalah komponen-komponen masyarakat yang tergabung menjadi satu. Mereka yang terdiri dari tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat melalui kepeloporannya kemudian berjuang berama-sama sehingga merebut kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

"Ingat, pada 17 Agustus 1945 TNI itu belum ada. Kemudian pada tahun yang sama pada oktober atau sekitar satu bulan setelah kemeredekaan, barulah cikal bakal itu melebur jadi satu membentuk tentara keamanan rakyat," katanya.

Secara keseluruhan, peringatan Dirgahayu Infanteri di Kota Pekanbaru berlangsung dengan khidmat dan meriah. Turut hadir perwakilan dari pemerintah daerah, Polda Riau dan Kejaksaan Riau serta tamu undangan lainnya.

Selain itu, peringatan hari Infanteri kali ini juga dimeriahkan dengan pengumuman berbagai lomba, salah satunya adalah lomba foto yang diikuti para fotografer di Provinsi Riau.