Sukses Bangun Iklim Investasi, Pemkab Siak Terima Penghargaan Dari LAN

id sukses bangun, iklim investasi, pemkab siak, terima penghargaan, dari lan

Sukses Bangun Iklim Investasi, Pemkab Siak Terima Penghargaan Dari LAN

Siak (Antarariau.com) - Kabupaten Siak, Riau, meraih penghargaan bidang pelayanan publik predikat pemerintah daerah yang memiliki inisiatif dalam membangun iklim investasi tingkat nasional dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Bupati Siak Syamsuar di Siak, Senin, menyatakan penghargaan ini diraih atas komitmen Pemda Siak dalam mewujudkan iklim investasi yang baik.

"Salah satu nilai plus penilaian yaitu kekhasan pelayanan investasi kita yang sudah menggunakan sistem online untuk menjawab tantangan era milenial," katanya.

Penghargaan tersebut diserahkan pada forum "Doing Business in Indonesia From Achievement to Sharing Best Practice" oleh LAN yang bekerja sama dengan lembaga asing Australia Indonesia Partnership for Economic Governance (AIPEG) di Aryaduta Hotel Jakarta, Senin.

Dia mengatakan, Kabupaten Siak masuk empat nominaasi kabupaten/kota se-Indonesia mendampingi Kota Surabaya, Kota Pontianak dan Kabupaten Demak, dalam proses penilaian yang dilakukan tim gabungan sepanjang Oktober lalu.

Atas capaian prestasi tersebut jugalah Bupati Siak Syamsuar didapuk menjadi narasumber dalam diskusi "Local Government Capacity for Bisnis Index" 2017.

Ia mengatakan, penghargaan prestisius ini merupakan bentuk apresiasi yang kesekian kalinya dalam inovasi pelayanan publik di bidang investasi, setelah beberapa penghargaan yang sama tingkat nasional sejak dua tahun silam.

Pada 2015, Pemkab Siak juga menerima pelayanan publik di bidang System Perizinan Online Tracking System (SPOTS) dari KemenPAN dan RB, penyelenggara PTSP Kabupaten Terbaik tahun 2016 dari BKPM, serta predikat kepatuhan tinggi terhadap standar pelayanan publik dari Ombudsman RI pada Desember 2017 ini.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Heriyanto menyebut inisiatif kebijakan Pemerintah Kabupaten Siak yang menjadi penilaian diantaranya kebijakan atas kemudahan dalam penyediaan lahan tempat usaha dan tempat usaha gratis bagi UMKM.

"Namun yang menjadi unggulan kita yaitu penyederhanaan persyaratan perizinan melalui paralelisasi dan perizinan secara simultan melalui penggabungan beberapa jenis perizinan

secara gratis," sebutnya.

Kata dia lagi, Pemkab Siak saat ini telah berinovasi dalam pelayanan perizinan usaha dengan menerapkan Sistem Online Terintegrasi. Keunggulan inilah yang akhirnya menghantarkan Kabupaten Siak mewakili pemerintah daerah se-Pulau Sumatera meraih penghargaan tersebut.

"Sistem perizinan online kita saat ini sudah mencakup layanan Tracking Sistem, Warning System, QR Code Sertifikat Perizinan, Pengaduan Online, Arsip Digital, Survey kepuasan masyarakat online, SMS Gateway, tandatangan elektronik, serta aplikasi sertifikat digital," jelasnya.