MTsN 03 Pekanbaru Sukses Raih Penghargaan ADIWIYATA 2017

id mtsn 03, pekanbaru sukses, raih penghargaan, adiwiyata 2017

Pekanbaru (Antarariau.com) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 03 di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru, Provinsi Riau diutus untuk menerima penghargaan ADIWIYATA Nasional tahun 2017.

"Penghargaan ADIWIYATA itu akan diserahkan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, pada Kamis 21 Desember 2017 di Jakarta," kata Kepala MTsN 03 Pekanbaru Darusman.D, M.Pd dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, penghargaan diterima berkat kerja keras panitia ADIWIYATA MTsN 03 beserta seluruh keluarga besar madrasah, dan terima kasih atas dukungan dan kerja keras keluarga madrasah dan pihak-pihak yang telah membantu sehingga tercapainya perolehan Nasional.

Ia mengatakan, penghargaan tersebut merupakan motivasi tertinggi untuk mewujudkan madrasah yang ramah lingkungan dan ASRI untuk menciptakan madrasah yang bermutu dan berkualitas berdaya saing dalam menjalankan proses pembelajaran.

"Kriteria penilaian lainnya yang mengakibatkan MTsN ini menerima penghargaan adalah lingkungan asri menjadi salah satu unsur penunjang membuat warga madrasah betah berada di madrasah, serta perilaku membudayakan pola hidup bersih dan sehat yang cinta lingkungan," katanya.

Semua indikator penilaian itu, katanya, menjadi tanggungjawab bersama bersama untuk mewujudkannya.

Sedangkan untuk menjemput penghargaan itu, katanya, pihaknya akan mengajak salah seorang Tim ADIWIYATA MTsN 03 kendati pPanitia penyelenggara hanya mengundang kepala madrasah saja.

"Ke depan kita perlu lebih bekerjakeras lagi dengan harapan bisa mewujudkan prestasi terbaik lainnya bagi madrasah ini," katanya.

Penghargaan ADIWIYATA diberikan kepada sekolah-sekolah yang yang telah berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

Penghargaan ini diberikan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan melalui lembaga pendidikan formal mulai Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas se Indonesia. Proses seleksinya didasarkan pada empat kriteria yang meliputi pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis linkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan atau pengembangan sarana pendukung sekolah.

Penghargaan Adiwiyata merupakan rangkaian pemberian penghargaan terhadap individu dan lembaga (institusi) dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia. Selain penganugerahan penghargaan ADIWIYATA, pemerintah juga memberikan penghargaan Kalpataru dan Adipura.