Empat Pasangan Pilkada Meranti Kehilangan Satu Suara

id empat pasangan, pilkada meranti, kehilangan satu suara

Selat Panjang, 3/6 (ANTARA) - Sebanyak empat pasangan calon bupati/wakil bupati dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Kepulauan Meranti terpaksa harus kehilangan masing-masing satu suara karena pasangan mereka tidak bisa ikut mencoblos.

"Sedikitnya masing-masing pasangan calon kehilangan satu suara, kecuali pasangan nomor lima karena baik calon bupati dan calon wakil bupati ikut mencoblos," ujar anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kepulauan Meranti, Sujono, di Selat Panjang, Kamis.

Di sela-sela memantau pemungutan suara pada sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Tebing Tinggi, dia menjelaskan, dari sepuluh orang kandidat yang terbagi dalam lima pasangan calon bupati/wakil bupati Kepulauan Meranti periode 2010-2015, hanya enam orang ikut memilih.

Sedangkan selebihnya hanya berstatus sebagai putra asli daerah kelahiran Kepulauan Meranti, namun mereka bukan pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) kabupaten itu sehingga tidak masuk dalam daftar pemilih tetap dan tidak ikut mencoblos.

Mereka yang tidak ikut mencoblos yakni tiga orang calon bupati yakni urut 1 Instsiawati Ayus, kemudian nomor urut 2 Said Hasyim dan nomor urut 3 Irwan, serta seorang calon bupati dari nomor urut 4 Darwin Susandy.

"Kalau Instsiawati saya kurang beliau pemegang KTP mana karena dia juga anggota DPD dari Riau, sedangkan Irwan penduduk Batam dan selebihnya pasangan calon warga Kota Pekanbaru," jelasnya.

Masing-masing TPS para pasangan calon bupati/wakil bupati mencoblos di tempat yang berbeda seperti calon bupati nomor urut 1 Amyurlis di TPS 23, Jalan Impres, kemudian calon wakil bupati nomor urut 2 M Tofikurrohman di TPS 8 Jalan Kasmin.

Kemudian calon wakil bupati nomor urut 3 Masrul Kasmy di TPS 9, Jalan Masjid, calon bupati nomor urut 4 Ismail Fauzy di TPS 15, Jalan Kartini, sedangkan pasangan nomor urut 5 Rosfian dan Muhammad Adil masing-masing mencoblos di TPS 9, Jalan Masjid dan TPS 8, Jalan Kasmin.

Pilkada Kepulauan Meranti diikuti lima pasang calon bupati dan wakil bupati masing-masing nomor urut 1 pasangan Istsiawati Ayus-Amyurlis, nomor urut 2 Said Hasyim-M Tofikurrohman, nomor urut 3 Irwan-Masrul Kasmy, nomor urut 4 Ismaili-Muhammad Adil dan pasangan nomor urut 5 Rosfian-Muhammad Adil.

Sebanyak 132.057 orang pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan menggunakan hak suaranya pada 421 lokasi TPS yang terdapat pada 73 desa dari lima kecamatan dalam pilkada yang digelar 3 Juni 2010 itu.