PKS Riau Buka Crisis Center dan Galang Dana Untuk Muslim Rohingya

id pks riau, buka crisis, center dan, galang dana, untuk muslim rohingya

PKS Riau Buka Crisis Center dan Galang Dana Untuk Muslim Rohingya

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pihak DPW PKS Riau menggelar aksi solidaritas dengan menggalang dana untuk Muslim Rohinghya sebagai bentuk kepedulian atas tragedi pembunuhan yang terjadi di Rakhine State, Myanmar.

"Diinternal kita sudah terhimpun dana dan bantuan, tinggal lagi diteruskan ke masyarakat. Rencana aksi solidaritas pada ahad (Minggu) ini kita akan turun untuk menggalang dana," sebut Ketua DPW PKS Riau Hendri Munief dalam Konfrensi pers di Kantor DPW PKS Riau, Pekanbaru, Kamis.

Sesuai arahan DPP PKS, kata dia, terkait perlanggaran HAM berat yang menimpa etnis Rohingya, PKS Riau turut menyatakan sikap mengukutuk keras kejahatan genosida yang terjadi di Myanmar.

"Kedua, kita mengapresiasi segala bentuk pembelaan masyarakat dan mengajak untuk terus aktif menyuarakan hentikan tindakan tak bermoral itu dan perjuangkan kewarganegaraan Rohingya," tegasnya.

Kemudian, PKS Riau juga mendesak Presiden Indonesia, Kepala Daerah yakni Gubernur Riau untuk bersama-sama mengambil langkah lebih nyata dengan menggandeng organisasi kemanusiaan baik tingkat Nasional maupun Internasional.

"Kita juga instruksikan kepada pejabat publik ataupun Kader PKS di Kabupaten/Kota untuk mengampanyekan aksi solidaritas serupa," sebutnya.

Dalam kesempatan itu pula, Pihaknya meresmikan pembukaan crisis center peduli Rohingya di Kantor DPW PKS Riau sebagai pusat informasi tentang kondisi masyarakat Rohingya dan informasi tentang berita hoax yang beredar di Indonesia.

Crisis Center Peduli Rohingya tersebut diketuai oleh Markarius Anwar yang juga merupakan Anggota DPRD Provinsi Riau.

"Langkah nyata dari Crisis Center ini untuk menepis beredarnya berita hoax. Kita akan gunakan media sosial untuk informasi. Kemudian kita juga bangun jaringan dengan sejumlah lembaga seperti FPI untuk tindakan nyata dari aksi solidaritas ini," sebut Markarius.