Wabup Kuansing Harapkan Festival Pacu Jalur Promosikan Nama Daerah

id wabup kuansing, harapkan festival, pacu jalur, promosikan nama daerah

Wabup Kuansing Harapkan Festival Pacu Jalur Promosikan Nama Daerah

Kuantan Singingi (Antarariau.com) - Wakil Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau berharap kegiatan Festival Pacu Jalur (FPJ) tradisional bertarap nasional berjalan lancar dan benar- benar menjadi seni budaya yang mengharumkan nama baik daerah.

"Saya meminta penyelenggaraan event ini sukses dan menyenangkan bagi semua orang," kata Wakil Bupati Kuantan Singingi Halim di Teluk Kuantan, Senin.

Wakil Bupati dengan optimis mengatakan, bahwa semua pihak telah memberikan arti besar dalam proses pelaksanaan kegiatan tahunan pacu jalur di Kota Teluk Kuantan Kuansing, karena itu sebagai apresiasi tinggi dirinya menyampaikan rasa terima kasih.

Festival jalur tahun 2017 akan lebih sukses dari tahun sebelumnya, selain di ikuti ratusan jalur dari berbagai daerah di Riau juga dihadiri oleh ratusan Tokoh besar dari berbagai kabupaten, karena itu sebagai tuan rumah hendaknya dapat memberikan pelayanan yang optimal.

"Kita harus bisa memberikan nuansa aman, damai agar pengunjung merasa betah," sebutnya.

Festival ini merupakan aset daerah yang sangat bernilai tinggi, bahkan dikenal hingga ke negara tetangga, sebagai destinasi wisata nasional tentu harus dipertahankan keasliannya, keunikannya yang telah terpelihara ratusan tahun.

Masyarakat, swasta semua yang ada di Kuansing bahu membahu mendukung program pemerintah tersebut, bahkan gotong royong kebersihan yang dilaksanakan sebelum pelaksanaan kegiatan telah menunjukkan bahwa kecintaan dan keindahan harus diutamakan dalam menyongsong event yang menjadi kebanggaan tersebut.

"Masyarakat dapat memanfaatkan momentum ini sebagai langkah peningkatan ekonomi," ujarnya.

Wabup Halim menjelaskan, walaupun dilaksanakan hanya beberapa hari tetapi perputaran uang selama kegiatan semakin besar, masyarakat dapat menjajakan semua hasil kerajinannya kepada pengunjung bahkan banyak pihak memetik keuntungan dari prosesi festival hingga berakhir.

Ribuan pedagang dari berbagai daerah datang ke Kuansing, puluhan ribu wisatawan berkunjung menyaksikan festival seni budaya tradisional bertarap nasional tersebut, cindera mata dari Kuansing harus ada disuguhkan yang bakal dan menjadi oleh - oleh dibawa ke daerah lain.