Hadir di Festival Pacu Jalur, ini harapan Wabup Bengkalis

id pemkab bengkalis,wakil bupati bengkalis,pacu jalur,kabupaten kuansing

Hadir di Festival Pacu Jalur, ini harapan Wabup Bengkalis

Wakil Bupati Bengkalis Dr. H Bagus Santoso menghadiri pembukaan pacu jalur tradisional di Kabupaten Kuantan Singingi, Rabu, 23 Agustus 2023 di Lapangan Limuno Kuansing. (ANTARA/HO-Diskominfotik)

Bengkalis (ANTARA) - Wakil Bupati Bengkalis Dr. H Bagus Santoso menghadiri pembukaan pacu jalur tradisional di Kabupaten Kuantan Singingi, Rabu, 23 Agustus 2023 di lapangan Limuno Kuansing.

Pada iven acu jalur tahun ini diikuti 193 jalur dari berbagai daerah dengan merebut hadiah ratusan juta rupiah. Acara yang ditaja Pemkab Kuansing ini dilaksanakan selama lima pada 23-27 Agustus 2023.

Acara dibuka Direktur Musik dan Film Animasi Kemenparekraf ‏‏Dr Muhammad Amin Abdullah dengan pemukulan gong didampingi Sekda Riau dan Bupati Kuansing.

Muhammad Amin mengucapkan selamat atas terselenggaranya kegiatan festival pacu jalur semoga tetap berjalan dengan aman dan lancar.

"Semoga kegiatan yang dilaksanakan ini dapat meningkatkan UMKM yang berada di Kabupaten Kuantan Singingi," kata Amin.

Muhammad Amin mengatakan pacu jalur tradisional merupakan salah satu iven terbaik di Indonesia semoga ini menjadi daya tarik untuk dapat berkunjung ke Kabupaten Kuantan Singingi.

Pada kesempatan itu Amin juga menambahkan semoga ini menjadi ajang wisatawan untuk datang ke Kuansing sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan kesejahteraan.

"Semoga ini selalu menjadi ivenyang berkelanjutan dan selalu menjadi ivenyang terbaik di Provinsi Riau," katanya.

Sementara Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto mengucapkan selamat kepada Kabupaten Kuantan Singingi dan bisa konsisten dalam meningkatkan potensi pariwisata di Provinsi Riau.

"Pacu jalur tidak dimiliki Kabupaten Kuansingsaja tapi juga sudah milik masyarakat Provinsi Riau karena telah menjadi potensi pariwisata," ujarnya.

Usai menghadiri kegiatan tersebut Wakil Bupati Bagus Santoso mengatakan iven pacu jalur merupakan acara yang besar yang telah membudaya oleh masyarakat Riau.

"Tradisi pacu jalur ini awalnya dilaksanakan dalam peringatan hari-hari besar umat islam seperti Idul Fitri, Idul Adha, Maulid Nabi maupun peringatan tahun baru Islam," kata Bagus.

Wakil Bupati Bagus menambahkan semoga iven pacu jalur yang digelar berjalan dengan lancar dan sukses dan Kabupaten Bengkalis siap untuk selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan Kabupaten Kuantan Singingi.(infotorial)