Bupati dan Wabup Kuansing bakal terima gelar adat dari LAM

id Bupati bakal terima gelar adat dari LAM,LAM Kuansing, bupati kuansing terima gelar adat

Bupati Kuansing Mursini (ANTARA/HO Pemkab Kuansing)

Kuantan Singingi (ANTARA) - Bupati dan Wakil Bupati Kuantan Singingibakal menerima gelar adat dari Lembaga Adat Melayu (LAM) setempat pada Oktober 2019, prosesi dilaksanakan di Kuansing dihadiri seluruh pengurus organisasi.

"Kami berikan gelar sesuai dengan aturan yang ada, berharap program ini berjalan lancar dan ada dukungan semua pihak," kata Ketua Lembaga Adat Melayu Riau, Kuansing, Datuk Seri Amanah Pebri Mahmud di Teluk Kuantan, Selasa.

Ketua LAM Kuansing mengatakan, prosesi pemberian gelar dilaksanakan sedemikian rupa sesuai dengan aturan dasar organisasi, gelar yang bakal diterima Bupati Mursini yakni Datuk Seri Setia Amanah dan untuk Wakil Bupati Halim dengan nama Datuk Seri Timbalan Setia Amanah.

Gelar itu melekat sepanjang masih memegang jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kuansing, jika tidak lagi maka gelar tersebut hilang dan bakal diterima oleh Bupati dan Wakil Bupati Kuantan Singingi terpilih, namun tetap melalui prosesi adat.

"Kami dan semua berharap, Bupati dan Wakil Bupati dapat menerima gelar dan menjadi panutan masyarakat," sebut Pebri.

Proses pemberian gelar adat tentunya dihadiri seluruh pengurus LAM Kuansing dan Riau termasuk diupayakan kehadiran Gubernur Riau yang telah menerima gelar adat yakni Datuk Seri Setia Amanah.

Menurut Ketua LAM Riau, rencana dan jadwal pemberian adat pada 9 Oktober 2019, dan tentu berharap agar Bupati Mursini memberikan perhatian dan memperjuangkan hak masyarakat dengan mendukung kinerja LAM Kuansing dalam mensukseskan program ke depannya.

LAM Kuansing memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar di tengah masyarakat yang multi suku, yang memiliki ratusan tokoh dan tetua adat, semua diharapkan bersatu untuk kemajuan Kuansing.

Sebelum pemberian gelar adat, pengurus akan bertemu dan musawarah, mengumpulkan seluruh Datuk - Datuk serta penghulu adat, berkaitan dengan perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) untuk LAM tahun 2019 ada dana mencapai Rp150 juta.

"Kita berharap masyarakat Kuansing lebih sejahtera dan Bupati dapat mengayomi," pinta Pebri.

Baca juga: Bupati Kuansing optimistis Gunung Toar berkembang

Baca juga: Menteri Pariwisata dijadwalkan buka Festival Pacu Jalur di Kuansing


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar