Wabup Kuansing kesal terhadap PT CRS, ini sebabnya

id wabup kuansing, PT CRS,PT CRS Kuansing

Wabup Kuansing kesal terhadap PT CRS, ini sebabnya

Wakil Bupati Kuansing saat berdiskusi. (ANTARA/dok)

Teluk Kuantan - Kuantan Singin (ANTARA) - Wakil Bupati Kuantan SingingiSuhardiman Amby meminta pihak perusahaan PT Citra Riau Sarana (CRS) mentaati aturan dalam berinvestasi dan beroperasi di daerah Kuantan Singingi.

Menurutnya, selama ini PT CRS terkesan mengabaikan kewajiban, terutama melengkapi kelengkapan perizinan untuk beroperasi dan program corporatesocialresponsibility (CSR) terhadap masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, kepemilikan izin mendirikan bangunan, luas hak guna usaha perusahaan, hingga persoalan lainnya menjadi perhatian masyarakat dan ditindaklanjuti serius oleh Wakil Bupati Kuansing Suhardiman Amby.

"Pemda Kuansing telah menyurati pihak perusahaan, namun mangkir," katanya, Senin.

Ketidakhadiran PT CRS menjadi pertanyaan besar Wakil Bupati Suhardiman Amby, hingga membuat surat undangan rapat bersama ketiga kalinya, pada Kamis 15 Juli 2021 mendatang.

Untuk lebih lengkap, Wakil Bupati juga meminta semua instansi terkait duduk bersama menyikapi arogansi PT CRS tersebut.

"Silahkan perusahaan beroperasi, berinvestasi di Kuansing, tapi taat aturan dan peduli," ujarnya.

Jika PT CRS juga tidak mengindahkan undangan Pemda, maka akan diberikan sanksi tegas, bisa saja operasionalnya dihentikan, seluruh kelengkapan dalam berinvestasi akan ditinjau ulang, termasuk menurunkan tim mengukur ulang luas HGU perusahaan.

Rencana, instansi terkait, Dinas Perhubungan, Dinas Perizinan, Dinas Lingkungan Hidup, Bapenda, Satpol PP, Dinas Pertanian akan duduk bersama.

"Jika pihak perusahaan tidak hadir maka akan diberikan sanksi tegas sesuai aturan," tegas Suhardiman.

Ketegasan itu disampaikan pada Senin (12/7) di ruang rapat Wakil Bupati setempat. Oleh karenanya, langkah ini sebagai bentuk penegakan hukum, Perbup dan undang - undang.

Jika semua perusahaan memberikan dampak positip ke daerah, maka kesejahteraan masyarakat semakin baik, PAD Kuansing akan meningkat.

Berkaitan dengan persoalan ini, pihak PT CRS belum dapat diminta keterangan.

Baca juga: Wabup Kuansing sidak PT Citra II, ada apa?

Baca juga: Kejari Kuansing tindaklajuti bansos tak tepat sasaran, ada PNS terima bantuan