Komplotan Pencuri ATM Ini Gunakan Tusuk Gigi Saat Beraksi

id komplotan pencuri, atm ini, gunakan tusuk, gigi saat beraksi

Komplotan Pencuri ATM Ini Gunakan Tusuk Gigi Saat Beraksi

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru meringkus komplotan pencuri yang beraksi dengan modus mengganjal Anjungan Tunai Mandiri dengan tusuk gigi di sebanyak 12 tempat kejadian perkara.

"Bersama para pelaku Tim Opsnal mengamankan Barang Bukti beraneka macam Kartu ATM berbagai Bank yang dipergunakan pelaku untuk melakukan kejahatan," kata Kepala Polresta Pekanbaru, Kombes Pol Susanto melakui Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat, Ipda Dodi Vivino di Pekanbaru, Sabtu.

Otak pelaku di sini adalah LN (42) yang berpura-pura membantu korban dan menyuruh menekan Nomor PIN. Sebelumnya pelaku lainnya RP (47) mengganjal ATM menggunakan tusuk gigi lalu mengambil dan menukar kartu milik korban. Satu lagi WW (40) berperan sebagai sopir.

Penangkapan para pelaku dilakukan pada Jumat (7/7) lalu, Team Opsnal 807 Polresta Pekanbaru mendapatkan Informasi mengenai keberadaan pelaku Curat di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Selanjutnya berdasarkan informasi tersebut Tim melakukan pengintaian terhadap pelaku, hingga sekira pukul 12.00 WIB melakukan penangkapan terhadap pelaku bernama WW di Rumah Makan Jalan Sudirman.

"Selanjutnya dilakukan pengembangan dan berhasil menangkap rekan pelaku lainnya di Hotel Pangeran di Kamar 827," ungkap Dodi.

Berdasarkan interogasi dan keterangan tersangka diketahui sudah beraksi di 12 ATM dan berhasil mengambil uang puluhan juta. Rinciannya di ATM SPBU Yos Sudarso (BNI) Rp22 juta, ATM SPBU Arifin Ahmaf (BNI) Rp500 ribu, ATM SPBU Yos Sudarso (BNI) Rp8 juta.

Lalu di ATM SPBU Harapan Raya (BNI) Rp18,4 juta, ATM Bank Mandiri KCP Sail Rp11,3 juta, ATM SPBU Harapan Raya (BNI) Rp3,4 juta, ATM SPBU Harapan Raya (BNI) Rp8,5 juta, Indomaret Harapan Raya (BRI), Rp8,6 juta, ATM SPBU Yos Sudarso (BNI) Rp2,3 juta, ATM SPBU Islamic School Harapan Raya (BNI) Rp7,9 juta, Depan Hotel Hollywood (BCA) Rp4,9 juta, dan ATM SPBU Yos Sudarso Rp3,9 juta.

Barang bukti yang diamankan selain kartu ATM juga satu unit mobil dan senapan angin. Sedangkan untuk perangkatnya ada gunting, pisau cutter, gergaji besi, mancis, dan empat kotak tusuk gigi.