Wako Pekanbaru Pastikan Banjir Tidak Ganggu UN SMP

id wako pekanbaru, pastikan banjir, tidak ganggu, un smp

Wako Pekanbaru Pastikan Banjir Tidak Ganggu UN SMP

Pekanbaru (Antarariau.com) - Penjabat Wali Kota Pekanbaru, Edwar Sanger memastikan banjir yang terjadi di sejumlah titik di Ibu Kota Provinsi Riau sejak Senin (1/5) malam, tidak mengganggu pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP.

"Tadi saya sudah meninjau langsung pelaksanaan UN di beberapa sekolah. Alhamdulillah seluruhnya berjalan lancar, dan tidak ada yang terganggu akibat banjir," kata Edwar kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Edwar yang juga aktif menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau tersebut mengatakan seluruh SMP sederajat yang menyelenggarakan UN hari ini tidak ada yang terendam banjir.

Meski begitu, dia mengatakan rentannya Kota Bertuah yang dilanda banjir saat diguyur hujan sehingga kerap diplesetkan menjadi Kota Berkuah itu menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Ini menjadi perhatian serius kita. Semoga ke depan lebih baik lagi (dalam upaya penanganan banjir)," jelasnya.

Sebanyak lebih dari 16.000 siswa dari 121 SMP sederajat di Kota Pekanbaru hari ini menggelar UN. Dari seluruh sekolah tersebut, 26 sekolah lainnya menggelar UN Berbasis Komputer atau UNBK.

Edwar bersyukur bahwa banjir yang mulai menggenangi sebagian Kota Pekanbaru sejak Senin malam tidak mengganggu pelaksanaan UN maupun UNBK.

Senada dengan Edwar Sanger, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru menyatakan hari pertama pelaksanaan UN berjalan lancar. Pada hari pertama ini, siswa diuji dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Setelah diuji mata pelajaran bahasa Indonesia, siswa akan kembali diuji dengan mata pelajaran matematika pada Rabu (3/5), kemudian pada Kamis (4/5) mata pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan hari terakhir, Jumat (5/5) mata pelajaran yang diuji adalah IPA dan IPS.

Secara keseluruhan, sebanyak 107.524 siswa/i tingkat SMP/MTs di Provinsi Riau siap mengikuti Ujian Nasional (UN) pada 2-8 Mei 2017 mendatang.

"Semua sudah siap untuk ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer maupun Ujian Nasional Pensil Kertas (UNPK)," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Kamsol.

Menurut Kamsol seperti biasa UNBK bukan hal yang baru bagi SMP sederajat karena sudah dilakukan tahun lalu. Apalagi UNPK tidak lagi ada kendala. Distribusi soal juga sudah dilakukan mulai 29 April ini ke masing-masing kabupaten/kota.