Januari-Februari 2017, Jumlah Klaim BPJS Ketenagakerjaan Siak Rp14,58 Miliar

id januari-februari 2017, jumlah klaim, bpjs ketenagakerjaan, siak rp1458 miliar

Januari-Februari 2017, Jumlah Klaim BPJS Ketenagakerjaan Siak Rp14,58 Miliar

Siak (Antarariau.com) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Kabupaten Siak, Provinsi Riau telah membayarkan klaim sebesar Rp14,58 miliar lebih pada periode Januari-Februari 2017.

"Dari total klaim yang sudah kami bayarkan periode Januari - Februari 2017 ini, didominasi oleh Jaminan Hari Tua (JHT) sebanyak 645 klaim dengan nilai jaminan sebesar Rp13,6 miliar lebih," ujar Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Siak Rini Rahmatyani di Siak, Senin.

Kemudian disusul dua klaim Jaminan Kematian (JKM) senilai Rp60 juta dan Jaminan Pensiun (JP) senilai Rp3.046.570.

Dia menyebutkan, dua bulan awal 2017 ini ada peningkatan aktivitas klaim yang signifikan di BPJS ketenagakerjaan KCP Kabupaten Siak. Sebab pada akhir tahun 2016 lalu di wilayah setempat terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) secara besar-besaran di perusahaan perminyakan.

"Semakin banyaknya kasus PHK di perusahaan-perusahaan sehingga orang berbondong-bondong melakukan pencairan klaim JHT. Bagi kami ini juga sebagai penanda bahwa pelayanan di KCP Siak semakin baik, sehingga banyak peserta yang memilih kantor kami untuk mencairkan klaim," sebut Rini lagi.

Sedangkan total klaim JHT pada tahun 2016 hingga akhir Desember berjumlah 983 klaim dengan total jaminan sebesar Rp13,65 miliar. Satu kasus JKM senilai Rp36 Juta untuk santun, biaya kubur, dan beasiswa. Selain itu terdapat satu klaim JP lumpsum senilai Tp215. 610.

Sementara itu tambah Rini, kepesertaan BPJS ketenagakerjaan KCP Siak hingga Desember 2016 tercatat sudah 191 perusahaan atau pelaku usaha yang mendaftarkan karyawannya dengan total keseluruhan 2.237 orang pekerja aktif. Sedangkan peserta mandiri atau pekerja bukan penerima upah (BPU) berjumlah 495 orang, yang aktif membayar iuran ke kantor cabang setempat.

Dia juga menyebutkan pada tahun ini pihaknya juga akan memperluas jaringan untuk meningkatkan kepesertaan dengan melakukan kerjasama co-marketing agar setiap peserta yang memiliki kartu mendapatkan diskon di beberapa tempat.

"Untuk meningkatkan benefit, kami BPJS Ketenagakerjaan KCP Siak akan melakukan kerjasama co-marketing untuk memberikan manfaat langsung kepada peserta yang memegang kartu BPJS ketenagakerjaan mendapat diskon di hotel dan rumah makan. Kebijakan ini masih dalam masa penjajakan.