Dinilai Berkontribusi Untuk kepolisian, Pemkab Siak Terima Penghargaan Dari Kapolri

id dinilai berkontribusi, untuk kepolisian, pemkab siak, terima penghargaan, dari kapolri

Dinilai Berkontribusi Untuk kepolisian, Pemkab Siak Terima Penghargaan Dari Kapolri

Siak (Antarariau.com) - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Siak karena telah membantu wilayah hukum Polda Riau dalam mendirikan rumah kantor Babinkamtibmas diseluruh desa.

Penghargaan berupa piagam dan pin langsung diserahkan oleh Kapolri kepada Bupati Siak Syamsuar di Kota Pekanbaru, Jumat.

Bupati Siak Syamsuar dalam keterangan tertulisnya melalui Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Pemkab Siak Wan Saiful Efendi mengatakan penghargaan itu diberikan karena Siak telah ikut berpartisipasi membangun Rukan Babinkamtibmas sebagai sarana dan prasarana tugas kepolisian di jajaran Polres Siak.

"Di kabupaten Siak Rukan mulai dibangun pada 2005 namun baru 25 unit. Kemudian kembali dilanjutkan pada 2014 sebanyak 86 unit Rukan, pada tahun 2015 20 unit. Dengan total keseluruhan sudah 131 unit sesuai jumlah desa/kampung di Kabupaten Siak," katanya di Siak.

Dia mengatakan, pembangunan itu bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD), APBD Kabupaten Siak dan Riau, Dana Alokasi Khusus dan Pokmas.

Penghargaan uang sama juga diserahkan Kapolri kepada tiga kabupaten Riau lainnya. Yakni Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Bupati Rokan Hilir Suyatno, dan Wabup Indragiri Hilir.

Dia lanjutkan, Rukan dibangun mengingat untuk menciptakan situasi aman, tidak semata berada di pundak aparat kepolisian, namun tanggungjawab pemerintah daerah dan elemen masyarakat.

"Keberadaan Babinkamtibmas sangat dibutuhkan masyarakat khususnya di pedesaan dalam mewujudkan dan memelihara keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif. Selain itu membangun keamanan sama wajibnya dengan infrastruktur, kesehatan dan pendidikan," jelasnya.

Penghargaan yang sama juga sudah pernah diterima Bupati Siak Syamsuar pada tahun 2015 dari Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno, disaat Rukan masih berjumlah 86 unit.