Siak Tertibkan Juru Parkir Ilegal Guna Tingkatkan PAD

id siak tertibkan, juru parkir, ilegal guna, tingkatkan pad

Siak Tertibkan Juru Parkir Ilegal Guna Tingkatkan PAD

Siak (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan Kabupaten Siak, Provinsi Riau mulai melakukan perbaikan terhadap tata kelola parkir melalui pola karcis dan penertiban juru parkir ilegal untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dibidang retribusi ini.

"Retribusi perparkiran sangat baik untuk menunjang PAD. Namun selama ini pemungutan parkir tidak memakai sistem karcis dan banyaknya juru parkir ilegal sehingga belum memberi dampak terhadap pendapatan daerah," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Dinas Perhubungan Kabupaten Siak, Azwan di Siak, Kamis.

Azwan mengatakan, juru parkir wajib memberikan karcis kepada setiap pengendara, dan warga juga berhak memintanya. Mereka (petugas) juga akan dilengkapi dengan rompi dan tanda Id Card yang diberikan oleh Dishub Siak.

"Karcis parkir juga akan dibuat khusus dan masyarakat berhak meminta karcis parkir kepada petugas untuk menghindari kecurangan," ungkapnya.

Pola tersebut menurut Azwan, sebagai upaya pencegahan terhadap mafia parkir yang menguasai sektor perparkiran sebagai salah satu potensi PAD Kabupaten Siak.

"Saat ini masih banyak juru parkir ilegal, bahkan mereka juga "nongkrong" di titik yang tidak diwajibkan ada pemungutan parkir oleh Pemda. Mudah-mudahan dengan pola karcis ini target pendapatan parkir bisa tercapai tahun ini," sebutnya.

Selain memperbaiki sistemnya, lanjutnya, Pemkab Siak juga akan menyiapkan tempat-tempat khusus parkir, terutama di daerah destinasi wisata seperti komplek istana Siak. Salah satunya dengan membuat Peraturan Bupati (Perbup) 1.000 langkah.

Sedangkan untuk menggali potensi parkir, pihaknya sudah menambah titik wajib parkir dari sebelumnya hanya tiga tempat menjadi tujuh tempat di Kecamatan Siak ini.

Sebelumnya Wakil Bupati Siak Alfedri memang sudah memerintahkan Dishub untuk menertibkan pengelolaan parkir yang ada di fasilitas umum daerah setempat karena masih sering dipungut tukang parkir ilegal atau juru parkir liar.

"Banyak tempat-tempat umum yang dipungut parkirnya oleh juru parkir, namun tidak memberi kontribusi apa-apa untuk penambahan PAD Siak karena tidak masuk pada kas daerah," kata Wabup Siak Alfedri.

Oleh: Nella Marni