Bupati Inhil Resmikan Kantor Balai Nikah Dan Manasik Haji

id bupati inhil, resmikan kantor, balai nikah, dan manasik haji

Bupati Inhil Resmikan Kantor Balai Nikah Dan Manasik Haji

Tembilahan (Antarariau.com) - Bertepatan dengan rangkaian kegiatan pelaksanan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 71 Kementrian Agama dengan mengusung tema "lebih dekat melayani ummat" Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau meresmikan kantor balai nikah dan manasik haji, Selasa (17/1).

"Kita bersyukur kepada Allah SWT karena Kementrian Agama memproriataskan Kecamatan Tembilahan untuk membangun kantor ini yang representatif dan pertama di Provinsi Riau," ungkap Bupati Inhil, Muhammad Wardan di Tembilahan, Selasa.

Bertempat di Jalan Bunga Tembilahan, peresmian Kantor balai nikah dan Manasik Haji Kecamatan Tembilahan di tandai dengan pembukaan papan selubung dan penguntingan pita oleh Bupati Wardan dan Kakanwil Kemenag Provinsi Riau, turut hadir dalam kegiatan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Riau Drs. Supardi, Wakil Ketua DPRD, Unsur Forkopimda, Ketua MUI Alim ulama, tokoh masyarakat serta Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Inhil beserta staf.

Bupati Wardan berharap, dengan diresmikannya Kantor balai nikah dan Manasik Haji Kecamatan Tembilahan semoga kantor ini berfungsi dengan baik sesuai dengan fungsinya.

Lebih lanjut ia mengatakan, disamping sebagai kantor balai nikah dan manasik haji, pemerintah Inhil juga akan memanfaatkan kantor ini untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan organisasi keagamaan.

"Bersama dengan semangat Hari Amal Bhakti (HAB) Ke 71 ini saya menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan aktifitas-aktifitas keagamaan, dengan demikian mudah-mudahan negara kita aman dan tentram," ucapnya.

Dalam kegiatan ini, Kakanwil Kemenag Provinsi Riau, Drs. Supardi, saat menghadiri peringatan HAB Ke 71 Tahun 2017 mengatakan, Departemen Agama merupakan Departemen yang hadir lebih awal dan terbentuk tepat empat bulan 15 hari setelah Kemerdekaan RI. hal ini, kata dia, menujukkan Kementrian Agama atau Departemen Agama sangat di butuhkan oleh Indonesia serta menujukkan perbedaan jelas Indonesia dengan negara lain, yang mana Indonesia diurus secara khusus melalui Departemen.

Selanjutnya, Departemen Agama atau Kementrian Agama juga telah ikut serta membantu pembangunan Indonesia.

"Untuk itu, sebagai warga negara Indonesia mari ikut serta meningkatkan lima program pokok Kementrian Agama yaitu meningkatkan ritual beragama, meningkatkan kualitas kerukunan bergama, meningkatkan kualitas pendidikan agama dan keagamaan, meningkatkan pelayanan ibadah haji, meningkatkan tata kelola pemerintahan. (ADV)

Oleh: Adriah Akil