Gandeng Telkom, Pemko Dumai Komitmen Terapkan Pelayanan Berbasis Teknologi

id gandeng telkom, pemko dumai, komitmen terapkan, pelayanan berbasis teknologi

Gandeng Telkom, Pemko Dumai Komitmen Terapkan Pelayanan Berbasis Teknologi

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Wali Kota Dumai Provinsi Riau Zulkifli As berencana menerapkan pelayanan publik pemerintah dengan penggunaan aplikasi berbasis teknologi kerjasama dengan salah satu operator telekomunikasi nasional.

"Kita sudah menjajaki salah satu perusahaan operator telekomunikasi, yaitu Telkom untuk rencana penerapan pelayanan berbasis elektronik dengan aplikasi teknologi yang akan memberi kemudahan bagi masyarakat," kata wali kota kepada pers, Selasa.

Sistem pelayanan publik dengan aplikasi teknologi ini, bertujuan agar pemerintah daerah dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan kemudahan untuk semua urusan karena berbasis elektronik.

Dijelaskan, penerapan teknologi dalam sistem pelayanan publik yang akan dimulai di kelurahan hingga terpadu satu pintu ini merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam merealisasikan program Smart City atau kota pintar.

Beberapa pelayanan yang akan menggunakan smart city ini, misalnya, perizinan dan pajak, pelayanan publik pemerintah, infrastruktur, kelurahan dan kecamatan, puskesmas dan rumah sakit, pendidikan, pelaporan elektronik, dan lain sebagainya.

"Kita akan segera menerapkan sistem pelayanan berbasis teknologi ini, dan Dumai akan menjadi daerah pertama di provinsi Riau yang menerapkan program smart city," sebutnya.

Program smart city menurut Regional Account Director Divisi Government Service PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom Indonesia) Rosyidul Umam Aly bermanfaat bagi daerah untuk berhemat anggaran, salah satu Kota Bandung.

Telkom saat ini diklaim dia sudah memiliki infrastruktur lengkap dibanding operator lain, karena menggunakan kabel fiber optic yang diakui tercepat dan selama 25 tahun kedepan masih unggul.

"Kita mengimbau daerah untuk menerapkan program ini, karena jaringan kabel fisik Telkom yang ditanam juga di laut Dumai mampu mengitari dua kali keliling bumi," sebutnya.

Selain itu, untuk sistem pelayanan pemerintah, Telkom bisa melayani pembuatan jaringan untuk perkantoran, seperti di kelurahan, perpajakan, hotel, restoran yang bisa dibuatkan aplikasi berbasis teknologi.

"Dumai adalah kota pertama di Riau yang akan memberlakukan smart city ini, karena memang banyak keuntungan dari sisi pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat dalam beraktivitas," katanya.

Diketahui, antara Pemerintah Kota Dumai diwakili Wali Kota Zulkifli As dan Smart City Nusantara (SCN) Plasa Telkom Jakarta Pusat telah melakukan penandantanganan kesepahaman bersama untuk penerapan sistem layanan berbasis elektronik.